12 Ags 2019 17:05

BNNP Sumsel Gagalkan Penyelundupan Narkoba Jaringan Internasional

BNNP Sumsel Gagalkan Penyelundupan Narkoba Jaringan Internasional

Kaganga.com, Palembang - Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumsel menggelar pres rilis atas pengamanan 23 Kg Sabu dan ribuan pil ekstasi di lobby BNNP, Senin,(12/8/2019).


Penangkapan itu, selain mengamankan 23 kilo gram dan ribuan pil ekstasi, turut pula diamankan tiga bandar narkoba. Yakni, Yuswadi (40) Warga Aceh dan Andi Eka Putra (35) Warga Jl Amin Aini Kelurahan Lego kota Batu Raja OKU yang diamankan di Loket Damri KM 9 Palembang dan Kontrakan di Ogan Ilir dan Uzama (44).


"Ini adalah jaringan Internasion dari Malaysia, Batam, Kepulau Riau, Sumsel dan Lampung.  Jadi Sumsel ini kususnya Kota Palembang bukan saja tempat persinggahan Narkoba namun juga tempat pengaturan pengiriman narkoba", kata Kepala BNNP Sumsel, Brigjen Pol Jhon Turman Panjaitan kepada awak media.


Menurut Jhon Turman terkait kronologis penangkapan, pihaknya melakukan beragam penelusuran hingga anak buahnya harus berkunjung ke Palembang dan daerah Sumsel lainnya. Hingga berhasil mengamankan dua bandar narkoba.


"Kita bersukur berkat laporan dari masyarakat bahwa Sekitar pukul 12.00 wib, pada hari Rabu (7/8/2019) yang lalu akan ada transaksi narkoba di loket Damri KM 9, setelah dilakukan penyelidikan dilakukan penangkapan terhadap Yuswadi di loket Bus Damri KM 9 dengan Barang Bukti narkoba jenis ekstasi 1 bungkus dalam plastik yang diperoleh dari tersangka  Andi.
Dengan diamankannya dua tersangka tersebut kita langsung melakukan pengembangan dari mana Narkoba ini masuk dan akan diedarkan kemana", jelasnya.


Jhon Thurman menjelaskan, setelah melakukan pengembangan pihaknya berhasil mengamankan satu tersangka lagi, yakni Uzama (44) di Tembilangan, Pekanbaru hingga menjadi tiga pelaku.


Tersangka yang satu ini memiliki peranan yang sangat penting, yaitu sebagai pengendali masuk dan penyebaran narkoba jenis Sabu sebanyak 23 Kilo Gram dan Ekstasi sebanyak 77.41,5 butir. 


"Untuk target, target pengendara di kota Palembang, Lampung, dan Kabupaten di Sumsel",pungkasnya.

Penulis : Nandoenk
Editor : Riki Okta Putra

Tag : narkoba

Komentar