11 Mei 2019 18:05

Duo Specialis Pembobol Ruko Berhasil Ditangkap

Duo Specialis Pembobol Ruko Berhasil Ditangkap


Kaganga.com, Palembang – Satuan Reskrim Polresta Palembang akhirnya berhasil membekuk dua tersangka pencuri specialis rumah toko (ruko).

Dua tersangka tersebut bernama Faizal (18) dan Deri (18). Keduanya berdomisili di Jalan Mayor Zen, Kelurahan Sungai Lais, Kecamatan Kalidoni.

Keduanya ditangkap Satuan Reskrim Polresta Palembang pimpinan Iptu Novel, karena membongkar dua ruko sekaligus dalam waktu bersamaan, Sabtu (11/5/2019).

Petugas terpaksa mengambil tindakan terukur pada kaki tersangka Faizal, karena mencoba melarikan diri saat hendak dilakukan pengembangan kasus.

Petugas juga mendapati barang bukti berupa tali, puluhan slop rokok berbagai merek, satu unit ponsel merek Oppo.

Menurut anggota yang bertugas, Iptu Novel, mereka adalah dua sekawan yang beraksi secara berpencar. Tersangka Faizal membobol Indomaret sedangkan Deri membobol ruko Thai Tea.

 “Mereka ini dua sekawan. Sewaktu beraksi, mereka berpencar. Faizal membongkar Indomaret, Jalan Mayor Zen, Kelurahan Selayur, Kecamatan Kalidoni pada Jumat (10/5). Akibat dari itu, pemilik minimarket, Leni Fransiska (27) mengalami kerugian sebesar Rp12.921.000. Dia ini juga sempat mencoba membuka brankas, namun tidak berhasil,” jelasnya.

Sementara Tersangka Deri (18), terlibat pencurian satu unit ponsel merek Oppo A3S warna ungu, di ruko Thai Tea, milik Ahmad Zixrullah (24) warga Jalan Pangeran Sido Ing Lautan, Lorong Unglen, RT 29/01, Kelurahan 36 Ilir, Palembang.

Novel juga mengatakan, mereka menjalankan aksinya bersama. Ketika berhasil, mereka berpencar.

“Mereka ini beraksi bersama, ketika berhasil masuk mereka berpencar. Deri masuk ke ruko Thai Tea dan mengambil satu unit ponsel. Dalam beraksi, keduanya ini terekam kamera CCTV yang terpasang di lokasi. Mereka juga sempat mencoba merusak CCTV, namun tidak berhasil,” ungkap Novel.

Saat diwawancarai, tersangka Faizal mengaku masuk dengan menjebol ventilasi udara dari atap ruko. Dirinya juga mengaku baru mengenal Deri empat bulan terakhir.

“Kami masuk ke Indomaret dulu, setelah itu kami berpisah. Saya ambil rokok dan makanan. Setelah itu, mengambil uang dikasir. Kini uangnya telah habis,” jelas tersangka Faizal, yang mengaku baru empat bulan mengenal Deri.

Sementara tersangka Deri mengaku diajak tersangka Faizal jalan-jalan.

”Awalnya Faizal minta diantar pak. Ditengah jalan, dia mengajak saya masuk ruko itu. Dia juga membuka jalannya. Uang hasil malam itu, sudah habis untuk makan,” jelasnya.

Penulis : Nandoenk
Editor : Riki Okta Putra

Tag : hukrim

Komentar