7 Nov 2019 09:30

Gerombolan Pembobol Alfamart - Indomaret Diciduk Polisi

Gerombolan Pembobol Alfamart - Indomaret Diciduk Polisi

Kaganga.com, Palembang - Sindikat pembobol mini market yang telah beraksi lebih dari tiga kali di Alfamart ataupun Indomaret akhirnya terekam CCTV, namun ketika beroperasi di Alfamart Jalan Sirna Raga Alfamart Abihasan, Kelurahan 8 Ilir, Kecamatan Ilir Timur (IT) III (29/10).

Akibatnya, sejarah kriminal sindikat ini pun terhenti setelah unit Pidana Umum (Pidum) Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polresta Palembang berhasil menangkap tiga dari empat pelaku pembobol.

Ketiga pelaku yang berhasil diamankan yakni M Parlindungan Lubis (25) dan M Ismail (27) warga Jalan Sultan Mansyur, Lorong Gelora, Kelurahan 32 Ilir, Kecamatan Ilir Barat (IB) II dan Yulianderi (33) warga Jalan Ki Gede Ing Suro, Lorong Sei Tawar III, Kelurahan 29 Ilir, IB II.

Kapolresta Palembang, Kombes Pol Didi Hayamansyah membenarkan adanya penangkapan ketiga pelaku yang dilakukan unit Pidum Satreskrim Polresta Palembang yang dipimpin langsung Kasubnit Pidum Ipda Andrian.

"Anggota kita menangkap ketiga pelaku ini tidak jauh dari rumahnya, Selasa (5/11) sekitar pukul 23.00 WIB, dimana ketiga pelaku sedang nongkrong bersama tetangganya, saat akan dilakukan penangkapan para pelaku tidak melawan petugas hingga langsung dibawa ke Polresta Palembang," ujarnya, Rabu (6/11/2019).

Dari tangan para pelaku ini, petugas turut mengamankan barang bukti yang digunakan pelaku pada saat beraksi yakni, satu unit mobil Toyota Avanza dengan nopol BG 135y TB, satu buah gergaji besi, satu buah helm warna hitam.

Sebagai bukti alat kejahatan, petugas kemudian satu buah linggis, satu buah kunci letter L dan T, empat buah karung plastik, dua buah topi, satu buah lakban hitam, satu batang potong kayu, satu helai sebo, sat buah masker dan satu buah gembok.

"Pelaku ini berjumlah empat orang tapi kita baru berhasil mengamankan tiga pelaku, untuk satu pelaku lagi masih kita kejar yakni Wawan. Kita akan menggali informasi dari ketiga pelaku terkait tempat persembunyian pelaku Wawan ini," katanya.

Didi mengatakan, kronologinya ketiga pelaku bersama Wawan (DPO) melakukan aksi pembobolan Alfamart di TKP pada 29 Oktober lalu dengan merusak gembok rolling door Alfamart. Namun baru ketahuan pada Pukul 06.30 WIB.

Dimana saat itu dua karyawan Alfamart di TKP, Adi Putra (23) bersama Willi Andalusia Hanum hendak membuka toko tersebut, namun melihat kondisi gembol pintu rolling door toko rusak dan melihat kondisi dalam toko berantakan.

Kemudian kedua saksi tersebut melaporkan kejadian ke Kepolisian Sektor (Polsek) Ilir Timur (IT) II dengan surat kuasa dari perusahaan. "Maka dari laporan dan rekaman CCTV, anggota kita berhasil menangkap tiga pelaku dan terus mengejar Wawan yang masih buron," jelas dia.

Sementara itu, pelaku Yulianderi mengakui perbuatannya bersama tiga temannya tersebut. "Ya pak saya ikut serta dalam pembobolan Alfamart tersebut dan peran saya menyetir mobil dan tiga teman saya masuk ke dalam untuk mengambil barang-barang yang ada di toko," jelasnya.

Untuk barang yang didapatkan, pelaku mengaku semua barang dijual oleh Wawan (DPO) dan masing-masing mendapatkan uang Rp 1,5 juta. "Uang yang saya dapatkan sudah habis pak untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan keperluan keluarga pak,"pungkasnya.

Penulis : Nandoenk
Editor : Riki Okta Putra

Tag : Pembobol Minimarket

Komentar