28 Jun 2020 15:10

Kerap Beroperasi, Begal Bersenpira Diamankan Polsek IB II Palembang 

Kerap Beroperasi, Begal Bersenpira Diamankan Polsek IB II Palembang 

Kaganga.com, Palembang - Jajaran kepolisian Polsek Ilir Barat II, Palembang berhasil meringkus dua pelaku begal yang beroperasi di wilayah Gandus dan Ilir Barat II Palembang, Jumat (26/6).

Diketahui kedua pelaku tersebut menggunakan senjata api rakitan (senpira) dalam menjalankan aksinya.   Kedua begal bersenpira tersebut yaitu, Jefri dan Rego Pratama. 

Polisi menangkap keduanya di rumahnya masing-masing. Karena kedua pelaku mencoba kabur dan melawan saat dilakukan penangkapan, polisi terpaksa memberikan tindakan tegas dengan menembak kaki kedua pelaku.   

Menurut Kapolsek Iliri Barat II Palembang, Kompol Dudi Novery, kedua pelaku ini merupakan spesialis begal yang beraksi di daerah Gandus dan Ilir Barat II Palembang.   

“Pelaku ini sudah melakukan aksinya sebanyak tiga kali dimana dua kali di daerah Gandus dan satu kali di wilayah kita (Ilir Barat II),” ungkap Dudy saat dikonfirmasi Kaganga.com, Minggu (28/6/2020).   

Dudi menegaskan, dalam melancarkan aksinya, pelaku kerap menggunakan senjata api rakitan (senpira) jenis Revolver. Senpira tersebut digunakan pelaku untuk mengancam para korbannya.    “Pelaku ini menggunakan senpira untuk mengancam korban dan membawa kabur sepeda motor korban,” terangnya.   

Berdasarkan informasi yang dihimpun Kaganga.com, kedua pelaku tersebut melakukan aksi begalnya pada 16 Juni 2020 lalu, sekitar pukul 23.00 WIB di Jalan Talang Kerangga, 30 Ilir, Ilir Barat II, Palembang dengan korban Janu Saputra.   

“Saat kejadian korban hendak membeli rokok dengan menggunakan sepeda motornya dari tempat kerjanya, kedua pelaku menghentikan laju motor korban dengan datang dari belakang dan langsung mengancam korban dengan senpira,” tegas Dudy.    

Korban yang terjatuh saat mencoba kabur kembali mendapat ancaman oleh pelaku Jefri sehingga motor korban berhasil dibawa kabur kedua pelaku.     Tidak terima dirinya menjadi korban aksi begal kedua pelaku, korban  melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Ilir Barat II Palembang.    

“Atas laporan korban dan rekaman CCTV di lokasi kejadian, anggota kita melakukan penyelidikan dan penyidikan hingga akhirnya berhasil menangkap kedua pelaku. Atas ulahnya kedua pelaku diancam pasal 365 KUHP dengan ancaman penjara selama 9 tahun,” tutup Dudy.    

Dalam penangkapan kedua pelaku, polisi turut mengamankan barang bukti dari tangan pelaku yakni, 1 buah senpira Revolver, 5 butir amunisi caliber 5,56 dan 1 buah sepeda motor matic Scoopy Nopol BG 5088 ACU.   

Saat dimintai keterangan atas perbuatannya, pelaku Jefri mengakui perbuatannya telah melakukan aksi begal terhadap korban.   

“Saya mengakui kalau kami telah melakukan aksi begal, dimana saya mengancam korban dengan Senpira dan Rego menunggu saya di atas motor,” Singkat Jefri.   

Jefri juga menambahkan hasil dari aksi begal tersebut dibagi dua dengan rekannya. "Hasil kami bagi dua dan habis untuk poya-poya", tutupnya.

Penulis : Nandoenk
Editor : Achmad Fadhil

Tag : Kriminal Palembang

Komentar