19 Nov 2017 18:00 | 50

Modal Senpira, Ujang Rampon Toke Karet

Modal Senpira, Ujang Rampon Toke Karet

#Tersungkur Didor Aparat

Berakhir sudah pelarian penjahat kambuhan ini. Kepolisian tim Katak Polres Muara Enim dan Polsek Gelumbang berhasil mengungkap pelaku perampokan toke karet 

di Desa Tanjung Baru Kecamatan Muara Belida, Muara Enim, Minggu (19/11) sekira jam.04.15 wib. 

Seorang pelaku bernama Jangsi alias Ujang (40) warga Dusun Talang Kapuk Desa Geduk Buruk Kecamatan Muara belida harus menyerah dan tersungkur setelah didor petugas.

Saat hendak diamankan, pelaku sempat lari dan melawan petugas dengan senjata api. Beruntung petugas sigap sehingga tersangka berhasil dilumpuhkan. Tersangka harus meringis kesakitan karena dihadiah 2 butir timah panas yang bersarang di betis kiri dan pinggang. 

Kapolres Muara Enim AKBP Leo Andi Gunawan melalui Kapolsek Gelumbang AKP Indrowono didampingi Kabag Humas Polres Muara Enim AKP Arsyad mengatakan, penangkapan tersangka setelah adanya laporan korban perampokan yang terjadi 7 September 2017 lalu. 

"Tersangka sebelumnya melakukan tindak perampokan bersama rekan-rekannya kurang lebih 10 orang di rumah toke karet bernama M Soleh (60) di Dusun I Desa Tanjung Baru Kec Muara Belida Kab.Muara Enim,"kata AKP Indrowono.

Dijelaskannya, Ketika itu korban dan istri sedang tidur , lalu pelaku berjumlah sekitar lebih kurang 10 orang membawa sajam dan kayu mendobrak pintu depan dengan menggunakan kayu sepanjang sekitar 4 meter. Kemudian pelaku masuk ke rumah pelapor dan mengikat tangan serta kaki korban. Lalu istri korban di pukuli serta di tendangi pelaku, kemudian istri korban menunjukan tempat uang yang di simpannya yang jadi rampasan pelaku sebesar Rp100 juta.

Selain itu, pelaku juga menggasak uang di warung Rp2 juta, Mas 4 suku, buku tabungan BNI an. Iwan afriansyah, 1 buah e-ktp an.Hamroh, 2 pasang sepatu kulit, 2 buah Handphone. "Sehingga jika ditotal kerugian sekitar kurang lebih Rp116 juta yang berhasil digasak pelaku bersama rekan-rekannya,"jelasnya.

Setelah berhasi ditangkap tersangka kemudian langsung dibawa ke RS. Bhayangkara Polda Sumatera Selatan untuk diberi perawatan. Petugas juga berhasil mengamankan 1 (satu) pucuk senpira jenis pistol yang berisikan 3 Butir amunisi Call 5.56mm yang sempat digunakan tersangka untuk melawan petugas.

"Tersangka akan dikenakan Pasal berlapis yakni 365 KUHP tentang pencurian kekerasan dan Undang-Undang darurat kepemilikan senjata api,"pungkasnya.

Penulis : LPM IV
Editor : Riki Okta Putra

Tag : Hukrim Penjahat

Komentar