6 Jun 2018 18:05 | 48

Pelecehan Sexsual Medsos Masuk Dalam UU ITE

Pelecehan Sexsual Medsos Masuk Dalam UU ITE

Kaganga.com, Muara Enim - Kasus Via Vallen artis dangdut Indonesia yang di lecehkan salah satu pesepakbola di indonesia menyita banyak perhatian. Namun hal serupa belum pernah terjadi khususnya di kabupaten muara enim.

Kapolres Muara Enim, AKBP Afner Juwono melalui Kasar Reskrim AKP Wilian Harbensyah mengatakan selama 2018 belum ada laporan mengenai kasus pelecehan sexsual. "Mengenai kasus pelecehan sexsual melalui media sosial seperti istagram dan lain lain juga belum ada," ujarnya.

Kasus pelecehan seksual apabila tidak ada secara fisik maka itu tidak memenuhi unsur pidana, namun bila itu dilakukan melalui media sosial maka masuk dalam undang undang ITE. "Seperti kasus yang saat ini sedang viral itu masuk dalam ITE karena menggunakan media elektronik," bebernya.

Untuk kasus kesusilaan melalui ITE maka itu diatur dalam pasal 45 ayat 1 undang undang no 11 tahun 2008 sebagaimana dirubah dengan Undang-undang no 19 tahun 2016. "Ancaman kurungan maksimal enam tahun penjara dan denda maksimal Rp 1 Miliar," terangnya.

Dirinya pun menghimbau agar masyarakat memiliki kecerdasan untuk memilah hal yang benar dan yang salah, sehingga jangan sampai keteledoran atau semacamnya membawanya ke pidana. "Kalau sudah masuk pidana maka akan kami proses secara hukum," tegasnya.

Penulis : LPM IV
Editor : Riki Okta Putra

Tag : Medsos Pelecehan Seksual

Komentar