21 Mei 2017 14:35 | 18

Rani: Pemberi Suap Juga Harus Ditetapkan Tersangka

Rani: Pemberi Suap Juga Harus Ditetapkan Tersangka

Kaganga.com, Palembang - Tersangka kasus pungutan liar (pungli) di Dinas Pertanahan Nasional (BPN) Kota Palembang Rani Arvita akhinya membuka suara. 

Melalui kuasa hukumnya Ian Iskandar Zulkarnain meminta kepada pihak penyidik untuk menetapkan Margono serta Yustinus Joni sebagai tersangk.

Hal ini bukan tampa alasan, sebab berdasarkan UU Tipikor tidak hanya penerima suap, melainkan penerima suap juga dapat dikenakan hukuman yang sama.

"Kalau penerima suap bisa dikenakan status tersangka, maka pemberi suap pun sama. Karena itu, kami meminta penyidik untuk melakukan yang sama terhada Margono dan Yustinus," ungkapnya.

Dikatakannya, kasus yang menimpa Kepala Sub Seksi Sengketa dan Konflik BPN Kota Palembang tersebut bukanlah pungli, melainkan atas dasar pertemanan.

"Mereka ini merupakan teman lama, bahkan keduanya satu tim dalam hal pemenangan kasus sengeketa kepemilikan sertifikat tanah yang digugat Maimunah," katanya.

"Rani bukanlah inisiator untuk meminta uang kepada Margono, ini inisiatif dari Yustinus Joni. Yustinus sebagai penasehat hukum Margono, meminta tolong kepada Rani untuk mempertahankan sertifikat Margono yang digugat oleh Maimunah di PTUN Kota Palembang," tutupnya.

Penulis : Rian Pratama

Tag : Kriminal

Komentar