9 Apr 2018 22:00 | 42

Raziah Posko Hingga Tempat Hiburan

Raziah Posko Hingga Tempat Hiburan



Kaganga.com, Muara Enim - Polres Muara Enim memiliki cara tersendiri dalam meningkatkan pengamanan yakni mengatasi ganguan ketertiban masyarakat. Empat tim terbentuk empat Unit Kecil Lengkap (UKL) yang bergantian patroli dan raziah setiap malam.

Seperti yang dilakukan tim UKL III dibawah pimpinan kasat Reskrim AKP Wilian Harbensyah dan Kasat Binmas AKP Arsyad. Tim UKL melakukan patroli ke tempat hiburan malam seperti tempat karaoke serta posko pasangan calon bupati muara enim menjelang pilkada.

Para pengunjung karaoke terlihat kaget dengan kedatangan para petugas yang melakukan pemeriksaan. Beberapa yang diperiksa adalah senjata tajam serta narkoba yang rawan beredar di tempat hiburan malam, dan hasil raziah nihil tindak kejahatan.

Kasat binmas, AKP Arsyad mengatakan hasil raziah tidak ditemukan barang yang terlarang, namun begitu raziah akan terus dilaksanakan. "Untuk menjaga ketertiban masyarakat dan juga mencegah kejahatan 3C (Curat, Curas, Curanmor)," ujarnya.

Lanjutnya, kegiatan dimulai pukul 19.00 WIB hingga pagi hari tergantung dari kondisi di lapangan. "Diawali apel, lalu patroli awal untuk melihat lokasi sebelum bergerak ke lokasi khususnya tempat yang dianggap rawan," bebernya.

Kali ini, lanjutnya raziah dilaksanakan di tempat karaoke hotel grand zuri, karaoke angel dan karaoke RD termasuk ke tempat posko para cabup dan cawabup muara enim. "Hasil raziah sendiri nihil tindak kejahatan baik itu senjata tajam maupun narkoba," tuturnya.

Kapolres Muara Enim, AKBP Afner Juwono melalui Kabag Ops, Kompol Irwan Andeta mengatakan UKL dibentuk untuk meningkatkan Tibmas dan menciptakan kekondusifitasan wilayah. "Apalagi menjelang pilkada sehungga keamanan lebih ditingkatkan," tuturnya.

Ada empat tim UKL yang dibentuk Polres Muara enim masing masing beranggotakan 25-30 personil yang bergantian tugas tiap malam. "Khusus sabtu dan minggu pasukan bisa hingga 100 personil yang diturunkan. Karena lebih ramai dan potensi kejahatan lebih tinggi," tegasnya.

Lokasinya adalah seluruh wilayah termasuk pusat keramaian, pusat perbelanjaan, dan objek vital yang ada di muara enim. "Selain tim yang dibentuk polresta, Polsek jajaran juga melakukan hal yang sama untuk wilayahnya masing masing," tukasnya.

Hal ini, lanjutnya merupakan inovasi yang dilakukan oleh polres muara enim untuk meningkatkan keamanan wilayah. "Akan dilaksanakan sebagai kegiatam rutin sebagai pengabdian untuk menjaga keamanan NKRI," pungkasnya.

Penulis : LPM IV
Editor : Riki Okta Putra

Tag : Razia Hiburan Malam

Komentar