3 Mei 2018 21:00 | 56

Satu Jam Razia, 49 Pelanggar Lalin Ditilang

Satu Jam Razia, 49 Pelanggar Lalin Ditilang

Kaganga.com, Muara Enim - Satlantas Polres Muara Enim merazia sejumlah kendaraan bermotor di Jalan Jenderal Sudirman dalam Kota Muara Enim. Selama 1 jam razia Ops Patuh Musi 2018 digelar, Satlantas berhasil menilang 49 kendaraan roda dua dan roda empat karena melanggar aturan.

Kasat Lantas Polres Muara Enim AKP Adik Listiyono melalui Kanit Patroli Ipda Aming, yang memimpin langsung operasi itu, mengatakan pelanggar kebanyakan tidak memakai helm, membawa bawa SIM dan STNK. Sehingga kendaraan diberhentikan dan pengendaranya ditilang.

“Semua pelanggaran kita tilang, mulai helm, SIM, STNK, spion, dan kendaraan tak sesuai standar. Ini sesuai perintah Polda Sumsel untuk melaksanakan operasi Patuh Musi sejak tanggal 26 April sampai 9 Mei,” ungkap Ipda Aming disela-sela kegiatan Ops Patuh Musi, kemarin (3/5).

Lanjutnya, selain menidak pengendara yang pelanggaran lalu lintas pihaknya juga menghimbau untuk mengurangi kecelakaan di Kota Muara Enim. Karena pelanggaran lalu lintas menjadi awal dari kecelakaan yang berakibat pada kerugian yang lebih besar. 

“Total semuanya 49 dengan rincian, roda dua yang diaman sebanyak 12 unit, roda empat 1 unit dan selebihnya 36 STNK dan SIM karena tidak memakai helm dan tidak membawa kelengkapan surat bekendara,” jelasnya.

Lanjutnya, adapun dari segi teknis berkaitan dengan Standar operasional Prosedur (SOP) dalam melaksanakan pemeriksanaan kendaraan bermotor di jalan, sedangkan aspek Yuridis berkaitan dengan penerapan pasal serta peraturan lainnya untuk dapat diterapkan saat pelaksanaan operasi.

“Penyegaran teknis dan yuridis sangat diperlukan bagi personel SatLantas untuk dapat melaksanakan tugas secara optimal yang promoter dalam setiap pelaksanaan Tugasnya,”ungkapnya.

Selama 14 hari operasi patuh yang akan dilaksanakan Polri akan lebih mengutamakan penindakan pelanggar lalu lintas melalui tilang sebanyak 50%, pembinaan 25%, dan pencegahan 25%. “Operasi Patuh ini memang lebih menekankan kepada penindakan, karena bulan kemarin kita sudah melaksanakan operasi keselamatan yang lebih menekankan kepada preemtif dan preventif,”jelasnya.

Penulis : LPM IV
Editor : Riki Okta Putra

Tag : Razia muara enim Pelajar

Komentar