22 Mei 2020 15:15

Sempat Baku Tembak dengan Petugas, Spesialis Pencurian Mobil L300 Akhirnya Menyerah 

Sempat Baku Tembak dengan Petugas, Spesialis Pencurian Mobil L300 Akhirnya Menyerah 

Kaganga.com, Palembang - Kepolisian Polsek Talang Kelapa, Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan, berhasil menangkap pelaku  pencurian mobil spesialis mobil L300. Sempat terjadi baku tembak antara petugas dan pelaku hingga pelaku dipaksa untuk menyerah.  

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun Kaganga.com, tersangka yang diketahui bernama Doni (30) tersebut merupakan warga Lampung. Ia juga residivis kasus narkoba di Polda Sulawesi Tenggara.   

Warga Lampung tersebut sengaja datang ke Banyuasin untuk menjalankan aksinya mencuri mobil L300. Sebelum ditangkap, ia berhasil membawa kabur mobil L300 yang ia curi di kawasan KM18 Banyuasin.   

Kapolsek Talang Kelapa, Kompol Masnoni mengatakan, setelah dilihat dari beberapa aksi kejahatan yang dikakukan pelaku, pelaku merupakan spesialis pencuri mobil L300.    "Pelaku bertiga dimana dua diantaranya masih DPO. Dilihat dari aksi pelaku saat mencuri mobil, pelaku ini merupakan spesialis pencuri mobil L300,” kata Kompol Masnoni, Jumat (22/5/2020).   

Masnoni menjelaskan penangkapan pelaku di lokasi Tol Kayuagung setelah sempat melarikan diri sekitar satu jam usai melakukan aksinya.   

Ia juga menjelaskan pihak kepolisian terpaksa memberikan tindakan tegas dan terukur kepada tersangka lantaran mencoba menembak para petugas saat akan ditangkap.    

“Sempat kabur sampai ke OKI. Namun karena ada GPS sehingga petugas kita mengejar, meski para pelaku sempat menembak ke arah petugas dan satu pelaku diantaranya dapat kita amankan", jelas Masnoni.   

Dari pengakuan tersangka Doni, dirinya mengaku sengaja datang dan menyisiri jalan untuk mencari mangsa hingga akhirnya mendapatkan mobil L300 di KM 18 pada Sabtu (16/5/2020).   

Doni mengatakan , mobil yang mereka bawa tidak bisa berjalan cepat dan sempat mogok dalam perjalanan sehingga akhirnya petugas yang mengejar mereka pun tiba di lokasi.   

"Saya bertugas hanya memantau saja. Kalau teman saya yang memetik menggunakan kunci T. Kami tertangkap setelah mobil yang kami curi itu sering mogok,” kata Doni.    

Doni juga mengakui dirinya sempat mendekam di Polda Sulawesi Selatan karena tertangkap sedang melakukan pesta sabu.   

"Saya pernah ditangkap polisi Polda Sulawesi Selatan saat kami sedang pesta sabu," kata Doni.

Penulis : Nandoenk
Editor : Achmad Fadhil

Tag : Kriminal

Komentar