3 Des 2018 17:15

Sindikat Narkoba Kelas Atas Ditangkap

Sindikat Narkoba Kelas Atas Ditangkap

Kaganga.com, Palembang - Mapolda Sumsel kembali melakukan Press Conference pada Hari Senin (3/12/2018), kali ini mengenai sindikat narkoba berikut barang buktinya. Dari penangkapan jajaran Ditresnarkoba berhasil mengamankan 4 orang dengan 7,6 Kg Sabu dan 500 butir ekstasi dari tangan mereka.

Penangkapan tersebut berdasarkan laporan masyarakat tentang akan adanya transaksi narkoba di SPBU Alang - Alang Lebar Jl. Baypass Kec. Alang-alang Lebar Palembang.

Pada Hari Kamis (29/11/2018), anggota Unit 3 Subdit 1dibackup Tim I.T dan Timsus yang dipimpin langsung AKP. Ayup Diponegoro Azhar, mendatangi lokasi yang dimaksud. Sesampainya di sana, anggota melihat tiga orang mencurigakan dimana salah satu dari tiga orang tersebut menerima bungkusan warna kuning.

Anggota Subdit 1 langsung menangkap dan menggeledah bungkusan yang dikemas di dalam kotak susu merk Morinaga. Setelah digeledah isi dari kotak susu tersebut terdapat 2 kantong besar sabu seberat 2 Kg dan 5 bungkus plastik klip transparan yang berisi ekstasi 100 butir di tiap bungkus tersebut.

Anggota Subdit 1 langsung mengamankan 3 tersangka, yaitu Firman (31), Maduk (41) dan Bambang (31) berikut barang bukti 2 Kg sabu dan 500 butir ekstasi.

Dari penangkapan tersebut, Pihak berwajib langsung melakukan pengembangan kasus untuk mengetahui dari mana datangnya barang haram tersebut.

Setelah mendapatkan informasi yang cukup, petugas mulai mencari Eni (41) yang tak lain merupakan mertua dari tersangka Firman yang ditangkap lebih dulu.

Pada Hari Sabtu (1/12/2018) , diperoleh informasi bahwa Eni berada di Prabumulih. Dipimpin Wadir AKBP. Amazona Pelamonia, Eni berhasil ditangkap di Jl. Anggrek Talang Petai Prabumulih.

Dalam pengakuannya, Eni masih memiliki sabu yang disimpan di tiang listrik rumahnya di Desa Modong Kec. Sungai Rota Kab. Muara Enim.

Setelah digeledah, petugas mendapatkan 3 bungkus besar berisi sabu seberat 3 Kg dan 4 toples permen berisi 26 paket sabu berukuran sedang seberat 2,6 kg. Semua barang bukti ditemui petugas di dalam karung yang diikat di tiang listrik rumah tersangka.

Menurut Kapolda Sumsel, Irjen. Pol Zulkarnain Adinegara, pihaknya memang membenarkan adanya tangkapan besar, yaitu sindikat narkoba kelas berat.

"Keempat tersangka ini merupakan sindikat narkoba kelas berat, bisa dilihat dari jumlah barang yang kita tangkap," ucapnya saat press conference di Mapolda Sumsel.

Zulkarnain juga mengatakan pihaknya tidak sampai di sini untuk mengungkap jaringan narkoba yang dipimpin oleh Eni ini. Dengan jumlah yang tidak sedikit, bisa saja mereka adalah sindikat peredaran narkoba internasional.

"Kami akan terus mendalami kasus ini, benar atau tidaknya mereka adalah jaringan sindikat narkoba internasional itu juga masih kami dalami," ucapnya.

Menurut Zulkarnain keempat tersangka mendapat ancaman hukuman 20 tahun penjara, seumur hidup atau hukuman mati.

"Kalau berdasarkan undang-undang, keempat tersangka bisa dijerat ancaman mati," pungkasnya.

Penulis : Nandoenk
Editor : Riki Okta Putra

Tag : Sindikat Narkoba

Komentar