31 Jul 2017 21:35 | 40

Spesialis Penggelapan Mobil Rental Diringkus

Spesialis Penggelapan Mobil Rental Diringkus

?Kaganga.com, Palembang - Indra Wijaya (36), spesialis penggelapan mobil rental berhasil diringkus Unit Reserse Kriminal Polsek Ilir Barat (IB) II Palembang.

Tersangka diringkus di kediamannya di Jalan Seruni, komplek Poligon Lama, Kecamatan IB I Palembang,  Sabtu (29/7) sekitar pukul 23.00.

Kapolsek IB II Palembang Kompol Milwani didampingi Kanit Reskrim Iptu Azwan mengatakan penangkapan pelaku berawal dari laporan korban Heri. Dimana, mobil miliknya Daihatsu Xenia nopol BG 1886 IR warna hitam sudah digelapkan oleh pelaku.

“Menindaklanjuti laporan itu, kita lakukan penyelidikan dan berhasil mengamankan pelaku dikediamannya,” katanya saat gelar perkara, Minggu (30/7) malam.

Selain pelaku, lanjutnya, dari rumah tersangka turut diamankan tiga unit mobil yakni Isuzu Panther BG 9000 QQ, Avanza BG 1090 UL dan Xenia BG 1215 UH.

“Setidaknya sudah 15 laporan yang masuk ke Polresta Palembang, nanti akan tersangka dan barang bukti akan kita serahkan ke polres karena ada laporan disana juga,” tuturnya.

Untuk sementara, pihaknya sudah mengamankan sembilan mobil yang sudah diserahkan kepada pemilik dan empat yang belum.

“Tersangka akan kita kenakan pasal berlapis yakni Pasal 372 KUHP dan Pasal 378 KUHP dengan ancaman diatas lima tahun,” tambah Milwani.

Sementara itu, tersangka mengaku sudah 15 kali menggelapkan mobil milik rental mobil Limbungan Gemilang Ekspress dan Sukabangun Surya.

“Satu mobilnya saya gadaikan Rp10 juta hingga Rp25 juta di kawasan Tanjung Rajo dan Kayuagung,” jelasnya.

Menurutnya, modus yang ia gunakan dengan cara merental mobil selama seminggu bahkan satu bulan dengan alasa berbisnis minyak di Desa Sungai Lilin.

Saya tutup gali lobang, sewa yang baru saya gadaikan untuk menebus mobil yang lama. Ada 15 mobil, sembilan sudah ditebus dan enam lagi belum,” tutupnya. 

Penulis : Rian Pratama
Editor : Deddy Pranata

Tag : Kriminal

Komentar