16 Mei 2018 17:10 | 49

Tukang Bangunan Simpan Senpi Buat Gagahan

Tukang Bangunan Simpan Senpi Buat Gagahan

Kaganga.com, Muara Enim - Satreskrim Polsek Gunung Megang, Muara Enim, berhasil mengamankan Riky Suryadi alias Kiki (26) warga Dusun III, Desa Darmo Kasih, Kecamatan Belimbing, Selasa (15/5) sekitar pukul 09:30 wib. Pria yang bekerja sebagai tukang bangunan ini merupakan buronan kasus kepemilikan senjata api rakitan (senpira).
Penangapan tersangka dilakukan petugas di Jalan Lintas Dusun III Desa Darmo Kasih Kecamatan Belimbing. Petugas yang sedang menggelar operasi senjata api Musi 2018 diwilayah tersebut memburu tersangka yang sering dilaporkan warga lantaran memiliki senpira.
Petugas kemudian mendapat informasi tersangka akan melintasi jalan tersebut. Sehingga petugas dengan cepat melakukan penghadangan terhadap tersangka. Selanjutnya tersangka berhasil dihadang dan dilakukan penggeledahan.
Dugaan petugas pun benar ternyata ditubuh tersangka ditemukan 1 pucuk senpira laras pendek bergagang kayu berwarna hitam. Selain itu, di dalam senpira juga sudah terdapat 1 butur amunisi jenis caliber 38.
Mendapati barang bukti tersebut, tersangka tak berkutik dihadapan petugas. Selanjutnya tersangka dengan segera dibawa petugas untuk dijebloskan ke sel mapolsek Gunung Megang.
Kapolres Muara Enim AKBP Afner Juwono melalui Kapolsek Gunung Megang AKP Irwan Gunawan mengatakan tersangka yang ditangkap merupakan salah satu burunan petugas kasus kepemilikan senjata api.
"Tersangka sudah lama kami incar,Tersangka memang sudah lama memiliki senjata api rakitan sehingga meresahkan masyarakat sekitar,"kata AKP Irwan.
Menurutnya, pihaknya sedang mengintrogasi pelaku untuk mengetahui lebih jauh motif tersangka. Petugas juga akan mencari tahu dari mana tersangka mendapati senpira tersebut. "Akan kami cari tahu dari mana dia mendapatkan barang berbahaya ini,"tegasnya
Lebih lanjut, AKP Irwan menambahkan, pihaknya akan terus memburu siapa pun warga sipil yang memiliki senjata api secara ilegal. Pihaknya juga berharap kepada masyarakat yang memiliki senpira supaya segera menyerahkannya ke kantor polisi terdekat.
"Jangan sampai duluan kami tangkap, sesuai peraturan negara memiliki senpira adalah melanggar hukum, ancamannya jelas di pasal 1 Ayat 1 Undang-Undang Darurat no 12 tahun 1951 dengan hukuman penjara 20 tahun,"pungkasnya.

Penulis : LPM IV
Editor : Riki Okta Putra

Tag : Senpi

Komentar