19 Feb 2017 17:00

2017, Ekspor Sumsel Berpotensi Melorot

2017, Ekspor Sumsel Berpotensi Melorot

Kaganga.com, Palembang - Kebijakan ekonomi luar negeri Amerika serikat yang akan memperketat ekspor yang masuk ke Negara Adidaya tersebut disikapi serius oleh Pemprov Sumsel. Melalui Dinas Perdagangan, Sumsel akan mencarikan alternative negara tujuan ekspor.

Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Sumsel, Permana memprediksi Ekspor sumsel akan kedodoran hingga 10 persen terutama ekspor batubara. "Tentu kebijakan ini akan mempengaruhi perdaganagn luar negari Sumsel, terutama Batubara yang diprediksi bisa turun lima hingga sepuluh persen,"ungkapnya.

Meski demikan, diakui pria berkumis ini pihaknya tak akan berpangku tengan dengan gejolak pasar yang terjadi, "salah satu solusinya akan kami alihkan jalur dagang luar negeri"imbuhnya.

Misalkan, ungkap permana melanjutkan pasar batubara cukup potensi di negara negara Asia, seperti Tingkok atau India dan beberapa negara lainnya"ia menuturkan.

Gejolak yang terjadi tidak menyurutkan pihaknya untuk tetap menggenjot sektor Eksport Sumsel, bahkan ia mengatakan pihaknya memasang target peningkatan ekspor hingga 14,7 persen. "Ini target yang masuk akal, mengingat ada beberapa komoditas Sumsel yang masih primadona di pasar Internasional"ia menutup pembicaraan.

Penulis : Chandra Baturajo
Editor : Riki Okta Putra

Tag : Ekspor

Komentar