6 Jun 2018 16:25

Asian Games AJang Kenalkan Kopi Semendo ke Dunia

Asian Games AJang Kenalkan Kopi Semendo ke Dunia

Kaganga.com, Muara Enim  - Kesempatan Kota Palembang menjadi tuan rumah Asian Games 2018 di Indonesia harus memberi manfaat untuk mengenalkan lagi produk unggulan asli daerah. Lewat ajang pesta olahraga bangsa-bangsa Asia tersebut, Kabupaten Muara Enim pun berupaya mengenalkan produk Kopi Semendo supaya lebih dikenal dunia.
Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Muara Enim, Mat Kasrun menuturkan Kopi Semendo yang menjadi icon Bumi Serasan Sekundang akan diperkenalkan bagi para tamu Asian Games 2018 di Palembang maupun Jakarta.

"Tentu ajang Asian Games 2018 nanti membuka kesempatan untuk memasarkan produk perkebunan Muara Enim seperti kopi semendo, berbagai macam olahan kopi unggulan kita akan pamerkan di stand-stand untuk para tamu atlet dan official,"kata Mat Kasrun ditemui, Rabu (6/6).

Mat Kasrun menuturkan Kabupaten Muara Enim sangat menyambut antusias ajang bergengsi tersebut sebagai momentum meningkatkan ekspor kopi semendo. Menurutnya meski kopi semendo sebagian besar sudah banyak dikenal masyarakat dunia, namun pihaknya berharap kopi semendo tidak lagi asing bagi pencinta kopi.

"Sebelumnya direncanakan kopi semendo jadi minuman welcome drink para tamu, tapi rencana itu sampai sekarang masih dibahas,"ucapnya

Mat Kasrun menambahkan, produk kopi semendo asal Muara Enim akan dipamerkan bersama produk kopi unggulan lainnya dari berbagai daerah Sumatera Selatan seperti Pagaralam, Lahat dan Empat Lawang.
Meski demikian, dirinya meyakini produk kopi semendo tetap diminati karena memiliki ciri khas dan cita rasa berbeda dari kopi-kopi lain.

“Seperti diketahui Kopi Semendo mempunyai nilai pangsa pasar unik di pasar kopi dunia,"bebernya.

Lebih lanjut, dalam mengembangkan kopi semendo, pihaknya juga akan berencana membuat pelatihan bagi para barista di Muara Enim.

Menurutnya, cita rasa kopi berkualitas akan dihasilkan oleh para Barista yang handal dan profesional.
"Dalam waktu akan kita sediakan program pembinaan Barista diwilayah Muara Enim, kita akui profesi barista atau peracik kopi mempunyai peran penting menciptakan cita rasa kopi enak dan berkualitas sehingga memang perlu mendapat pembinaan langsung,"pungkasnya.

Penulis : LPM IV
Editor : Riki Okta Putra

Tag : Kopi Semendo

Komentar