20 Feb 2020 18:10

Berkurangnya Stok, Harga Bawang Putih Hari ini Kembali Naik

Berkurangnya Stok, Harga Bawang Putih Hari ini Kembali Naik

Kaganga.com,,Palembang - Harga bawang putih di Sumatera Selatan (Sumsel) kembali naik bahka hari ini menyentuh harga yang Rp 40.000 per kilogram. Kenaikan harga bawang ini akibat berkurang stok bawang.

Kondisi ini berbeda dari harganya biasanya yang hanya Rp 28.000 perkilogram. Bahkan sepekan terakhir harga bawang putih di pasar tradisional Sumsel, menyentuh angka Rp50.000 perkilogramnya.

"Paling mahal rata-rata harga bawang putih mencapai Rp45.000 per kilogram. Kalau harga bawang merah per kilogram mulai dari Rp28.000 sampai Rp35.000,"ujar Plt Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Provinsi Sumatra Selatan, Iwan Kurniawan, Kamis (20/2).

Dirinya mengungkapkan untuk menekan harga bawang putih itu dengan cara menggelar operasi pasar di wilayahnya. Namun saat ini pihaknya masih menunggu instruksi dari pemerintah pusat.

“Operasi pasar itu kan dari pusat, bukan pemerintah provinsi setempat sehingga kita masih menunggu. Pastinya kita sudah melaporkan kondisi itu kepada pusat,” tutur dia.

Bahkan untuk impor bawang putih pun pihaknya juga masih menunggu instruksi dari Kemnetrian Perdagangan (Kemendag) dan Kementerian

"Kita juga belum mendapat keputusan tertulis mengenai impor ini Kita menunggu keputusan ini dari pemerintah pusat, "Ungkapnya.

Untuk itu, Iwan mengatakan pihaknya saat ini tengah berkoordinasi dengan distributor bawang putih di Sumsel untuk melakukan upaya menekan harga yang saat ini kian melambung. Dari catatannya, Sumsel sendiri membutuhkan tambahan bawang impor sekitar 50 ton.

"Ya 50 ton itu yang saat ini dibutuhkan oleh distributor untuk mengisi stok bawang putih di wilayah kita," jelas dia.

Penulis : Reza Mardiansyah
Editor : Riki Okta Putra

Tag : bawang putih

Komentar