26 Apr 2020 14:20

Bisa untuk Lauk Berbuka, MalbiQu Sudah Siapkan Malbi yang Dikemas

Bisa untuk Lauk Berbuka, MalbiQu Sudah Siapkan Malbi yang Dikemas

Kaganga.com, Palembang - Memasuki bulan suci Ramadhan masyarakat kota Palembang pasti senang berburu makanan khas, salah satunya Malbi yang merupakan salah satu olahan daging sapi khas Palembang yang sering disajikan pada bulan ramadan ataupun hari raya.  

Memasak makanan berwarna cokelat dengan cita rasa manis sedikit pedas ini memang membutuhkan waktu berjam-jam agar tekstur daging lebih empuk ketika disantap. 

Dikatakan Owner malbi Palembang MalbiQu, Muhammad Yunus Obay pembuatan malbi tentunya tidak rumit hanya saja memakan waktu yang sangat lama, dan tentu dengan daging khas yang berbeda. Pertama semua bumbu halus yang telah diblender ditumis hingga beraroma dan setelahnya masukkan daging yang telah dipotong-potong. 

"Kami pilih daging sapi jenis sirloin untuk diolah, supaya lebih gurih dan enak. Biasanya sekali masak bisa 15-20 kg untuk dijual," katanya. 

Kemudian yang perlu diperhatikan saat membuat daging malbi, adalah waktu masak. Karena kalau daging terlalu cepat dimasak, malbi jadi alot dan tidak terasa lembut. 

"Kira-kira empat jam daging dimasak supaya gak keras dan lembut sembari terus diaduk dengan tumisan bumbu sekaligus agar bumbu meresap dan mengering tapi tergantung selera kalau mau berkuah. Khas malbi memang kuahnya kering," ungkapnya. 

Setelah daging bercampur dengan bumbu tumis halus, tambahkan sedikit air dan masukkan bubuk lada putih dan pala sambil terus diaduk. Kemudian tambahkan kayu manis dan cengkeh. 

Kalau daging sudah setengah matang, tuang kecap manis secukupnya sesuai selera dan taburkan garam kasar, lalu aduk lagi. Apabila tekstur daging sudah agak empuk, campur perasan asam jawa. 

Sembari menunggu daging lembut gunakan api kompor yang tidak terlalu besar. Setelah daging matang, terakhir baru campurkan santan dan aduk kembali. 

"Tunggu santan menyerap dengan daging dan mengeluarkan minyak, hingga kuah mengering. Lalu daging malbi siap disajikan," terangnya. 

Bertempatkan di Jalan DI Panjaitan,Plaju, Daging Malbi yang di jual hanya bisa di beli di hari jumat untuk makan di tempat sepaket dengan nasi kuning. Berbeda dengan kiriman paket daging vakum yang bisa dipesan tiap hari. 

"Hari biasa hanya jual martabak telor makan di sini. Paket malbi harganya Rp30.000 sama nasi kuning. Kalau pesan paket daging vakum bisa langsung ke lokasi atau lewat instagram kita di @malbipalembang ," ujarnya. 

"Paling jauh pernah ngirim MalbiQu ke Makassar. Harga belum sama ongkir per 250 gram Rp70 ribu dan 500 gram harganya Rp145 ribu. Harga ini masih promo, kalau gak lagi promo beda lagi, update aja di instagram," pungkasnya  

Berikut Bahan bahan yang diperlukan untuk pembuatan Malbi :  Bahan Daging sapi sirloin, Kecap manis, Santan, Bumbu tumis Bawang merah (blender) Bawang putih (blender) Jahe (blender)  Bumbu campur Kayu manis Cengkeh Garam kasar Lada putih bubuk Air asam jawa Pala

Penulis : Ines Alkourni
Editor : Achmad Fadhil

Tag : Niaga

Komentar