29 Jul 2020 19:55

Gojek Tandatangani 5 Nota Kesepahaman Dengan Walikota Palembang

Gojek Tandatangani 5 Nota Kesepahaman Dengan Walikota Palembang

Dorong Digitalisasi UMKM & Layanan Pemerintah

Kaganga.com,Palembang - Gojek, super-app terdepan di Asia Tenggara terus menjadi yang terdepan dalam memperkuat ketahanan berbagai sektor dalam menghadapi pandemi COVID-19 dengan memperluas kerjasama dan kolaborasi dengan pemerintah kota Palembang melalui penandatanganan 5 Nota Kesepahaman di lima bidang berbeda untuk terus mendorong perkembangan ekonomi digital dan digitalisasi layanan publik di kota Palembang. Nota kesepahaman ini ditandatangani oleh Gojek Indonesia yang diwakili oleh Head of Public Policy and Government Affairs Gojek Sumatera Bagian Selatan, Kenn Lazuardi Syarnubi dan Walikota Palembang, H. Harnojoyo S.Sos

Kenn Lazuardi Syarnubi, Head of Public Policy and Government Relations Gojek Sumbagsel mengatakan Gojek Palembang berupaya menciptakan sinergi dengan pemerintah kota.

" Kolaborasi Gojek yang dimulai dengan Nota Kesepahaman bisa menjadi pintu terciptanya perjanjian kerjasama lanjutan dengan dinas terkait lain. Kita turut menyukseskan Program Palembang Emas Darussalam 2023 agar dapat melayani masyarakat kota Palembang dan konsumen Gojek," katanya, Rabu (29/07/2020).

Lima Nota Kesepahaman yang ditandatangani oleh Gojek dan pemerintah kota Palembang hari ini diantaranya adalah:

A. Konsolidasi Pelayanan dan Fasilitas Publik di Palembang
Kerjasama dengan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Dinas PM-PTSP) dalam digitalisasi layanan publik melalui pengiriman surat-surat perizinan dengan layanan GoSend kepada para pemohon. Kerjasama ini sebelumnya telah ditandatangani dengan Dinas PM-PTSP di Kantor Mall Pelayanan Publik Palembang pada tanggal 9 Juli 2020 silam.

Kerjasama di bidang fasilitas publik yang sedang dalam perencanaan saat ini adalah kerjasama dengan Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Palembang dalam revitalisasi Ampera Skate Park di Palembang. Upaya ini adalah merupakan sumbangsih Gojek untuk memberikan ruang aktivitas publik bagi generasi muda di kota Palembang.

B. Perbaikan Fasilitas Transportasi Umum
Kerjasama dengan Dinas Perhubungan Kota Palembang terkait perbaikan dan perawatan halte bus Trans Musi. Dalam kerjasama ini Gojek berkomitmen untuk berkontribusi dalam perbaikan dan perawatan halte bus Trans Musi di berbagai wilayah di kota Palembang untuk mendorong penggunaan transportasi publik di Palembang.

C. Pelatihan dan Digitalisasi Pelaku UMKM
Kerjasama dengan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, kecil dan Menengah (UMKM) dalam pelatihan bagi pelaku industri kecil dan menengah yang berada dalam pembinaan Dinas Koperasi dan UMKM Kota Palembang. Gojek akan membantu mendaftarkan pelaku bisnis UMKM ini untuk menjadi merchant GoFood bagi pebisnis makanan dan GoShop bagi bisnis non-makanan.

D. Kemudahan Dalam Pembayaran Pajak
Gojek bekerjasama dengan Badan Pengelola Pendapatan Daerah Kota Palembang untuk memudahkan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan melalui fasilitas GoPay dalam fitur GoBills. Hal ini akan menyusul beberapa layanan lain yang sudah bisa dibayar dengan GoPay, salah satunya adalah pembayaran tagihan air minum di Palembang, melalui GoPay sejak beberapa bulan silam.

E. Dukungan Untuk Sektor Pariwisata Palembang
Di sektor pariwisata, Gojek dan Pemerintah Kota Palembang tengah merencanakan program yang mendukung sektor pariwisata di kota Palembang. Kedepannya, program ini akan diintegrasikan dengan aplikasi Gojek.

Sementara Erika Agustine, Vice President Regional Sumbagsel Gojek Indonesia, menyambut gembira kepercayaan pemerintah kota Palembang yang diberikan kepada Gojek.

“Kerjasama Gojek dengan pemerintah kota Palembang ini adalah sebuah kontribusi nyata Gojek sebagai aplikasi karya anak bangsa untuk membantu pemerintah dan masyarakat di kota Palembang dalam mengatasi friksi sehari-hari. Kami sangat menghargai kepercayaan yang diberikan oleh pemerintah kota Palembang ini kepada Gojek," terangnya.

"Harapannya, kerjasama ini bisa menjadi sebuah solusi nyata bagi masyarakat Palembang, memberikan kontribusi perkembangan UMKM dan tentu saja menekan laju pandemi di Kota Palembang melalui layanan digital yang kami sediakan," harapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Walikota Palembang, H. Harnojoyo S.Sos dalam pernyataannya. Hari ini menerima kerjasama untuk halte Trans Musi, kemudian skate park kita dan pelayanan untuk masyarakat.

" Saya kira ini memudahkan bagi masyarakat. Juga kerjasama untuk usaha kecil dan menengah milik masyarakat, saya kira ini selaras dengan program kita di Palembang. Saya atas nama pemerintah kota Palembang mengucapkan terima kasih kepada Gojek. Mudah-mudahan ke depan berbagai program ini bisa dibantu," katanya.

Kolaborasi ini juga memperkuat komitmen Gojek dalam memberikan dampak sosial positif kepada masyarakat. Hal ini juga sebagai salah satu langkah untuk menekan laju perkembangan pandemi COVID-19 di kota Palembang dengan terus memperkuat layanan digital dan menekan interaksi sosial dan mobilitas masyarakat selama pandemi. Semua layanan Gojek saat ini dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran pandemi COVID-19 di Palembang.

" Disamping prinsip-prinsip keamanan yang telah dijalankan untuk mendukung protokol penyebaran pandemi COVID-19, Gojek juga telah mengembangkan beberapa inisiatif lainnya seperti pengiriman tanpa kontak fisik langsung melalui layanan GoShop dan GoSend di 5 pasar tradisional di Palembang dan GoMart di jaringan Alfamart di kota Palembang dengan menambahkan opsi pesan cepat tambahan di fitur chat antara konsumen dan mitra driver sehingga dapat membantu pelanggan dan mitra driver menjaga jarak fisik serta pembayaran tanpa uang tunai melalui GoPay dan Paylater untuk bertransaksi dengan GoFood & GoShop," pungkasnya.

Penulis : Ines Alkourni
Editor : Riki Okta Putra

Tag : pemkot palembang gojek

Komentar