30 Nov 2017 22:30 | 62

Hingga Tiga Bulan, Stok Beras Aman

Hingga Tiga Bulan, Stok Beras Aman

Kagang.com, Palembang - Saat ini di gudang beras Bulog terdapat 21.700 ton. Jumlah kuantitas beras tersebut mampu memenuhi kebutuhan masyarakat hingga 3 atau bulan kedepan.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Perum Bulog Divre Sumsel Babel, Bakhtiar AS. Ia mengatakan, Hingga November 2017 ini, pengadaan beras sendiri tercatat sudah mencapai 34.200 ton. Sementara target dari pemerintah pada 2017 ini 150.000 ton namun sudah direvisi menjadi 67.000 ton. Namun Perum Bulog Divre Sumsel optimistis pengadaan beras hanya bisa mencapai 40.000 ton.

Selain karena program raskin yang dihapus, masalah lain yang menyebabkan pengadaan sulit mencapai target cukup banyak ditemukan. Seperti kendala musim pancaroba yang mengakibatkan pertanian mengalami gagal panen. Juga karena banyak hasil produksi beras dari petani yang dijual ke luar Sumsel, akibat dari harga beli dari petani yang dinilai rendah.

Untuk memaksimalkan distribusi beras dari gudang Bulog, maka Bulog melakukan operasi pasar di sejumlah tempat baik di dalam Kota Palembang dan luar Palembang.

"Operasi pasar juga dilakukan karena menjelang Hari Natal dan Tahun Baru. Kita juga melakukan OP karena beras medium dipasaran sudah langka," tandasnya.

Penulis : Chandra Baturajo
Editor : Riki Okta Putra

Tag : Bulog Beras Bulog

Komentar