3 Jan 2019 17:15

Jumlah UMKM di Muara Enim Terus Bertambah 

Jumlah UMKM di Muara Enim Terus Bertambah 
ilustrasi

Kaganga.com, Palembang - Jumlah Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Kabupaten Muara Enim terus bertambah setiap tahunnya. Soalnya Pemerintah Kabupaten Muara Enim saat ini sedang getol getolnya  mengembangkan sektor pariwisata.               

Kepala Dinas Koperasi dan SDM, Surdin mengatakan jumlah UMKM di Kabupaten Muara Enim sebanyak  5.336 UMKM baik mikro, kecil ataupun menengah bila dibanding 2017 berjumlah 5.221 UMKM.             Menurutnya,  jumlah tersebut dipengaruhi dengan kondisi ekonomi masyarakat dan potensi wisata di kabupaten Muara Enim. Ada juga produk UMKM yang merupakan hasil kerajinan sehingga bisa dijadikan buah tangan.            

Dia  memprediksi jumlah UMKM akan terus bertambah mengingat pemerintah kabupaten muara enim  juga sedang fokus mengembangkan pariwisata. Kemudian diibantu juga dengan sektor lainnya, sehingga setiap sektor bisa mengembangkan UMKM.             

Karena, UMKM bukan sekedar berdiri namun juga dibina dan dibantu dari segi pendanaan yang bersifat pinjaman. "Untuk pembinaan kami juga bekerjasama dengan instansi lain contohnya disnaker atau BLK untuk pelatihan, juga dari sektor pemasaran," jelasnya, beberapa hari lalu.             

Dijelaskannya  UMKM yang mati suri  mengalami permasalahan di perjalanannya. Hal tersebut dipengaruhi sektor ekonomi masyarakat. Misal sektor makanan kecil. Meski Demikian  UMKM merupakan sektor yang akan dikembangkan di kabupaten muara enim, karena otomatis akan menambah lapangan pekerjaan. "Angka pengangguran pun jelas akan berkurang," harapnya.

Penulis : LPM IV
Editor : Achmad Fadhil

Tag : Pemkab Muara Enim

Komentar