5 Jun 2018 21:10

Laba BPR Gerbang Serasan Baru Rp 13,9 Juta

Laba BPR Gerbang Serasan Baru Rp 13,9 Juta

Kaganga.com, Muara Enim - Meski sudah beroperasi sejak 5 Desember 2015 lalu, namun perusahaan daerah milik Pemkab Muara Enim, Bank Perkereditan Rakyat (BPR) Gerbang Serasan belum mampu memberikan laba bersih yang siknifikan. Terbukti hingga posisi bulan April 2018 lalu, bank yang dibiayai dana APBD Muara Enim itu baru memberikan lama sebesar Rp 13.930.000.

               Tentu sangatlah wajar, jika keberadaan Perusahaan Daerah lingkup Pemkab Muara Enim,  mendapatkan sorotan Fraksi Partai  Demokrat DPRD Muara Enim, lewat juru bicaranya, Dwi Windarti SH MHum, pada rapat paripurna beberapa waktu lalu.

                 Fraksi ini menghawatirkan, keberadaan perusahaan daerah tersebut, yang tujuan mulianya untuk meningkatkan pendapatan daerah, namun pada akhirnya akan membebani APBD Muara Enim dengan melakukan penyertaan modal daerah kepada perusahaan daerah tersebut.

               Bupati Muara Enim, Ir H Muzakir Sai Sohar, menjawab pertanyaan Fraksi Demokrat itu mengatakan, perusahaan daerah BPR Gerbang Serasan mulai beroperasional pada 5 Desember 2016 lalu, dengan modal setor sebesar Rp 10 miliyar dari rencana modal Rp 36 miliyar. 

             Menurut bupati, sampai 25 Mei 2018, BPR Gerbang Serasan sudah membukukan total aset sebesar Rp 31,99 miliyar dengan total dana yang dihimpun sebesar Rp 23,30 miliyar, serta out standing kredit yang disalurkan sebesar Rp 26,22 miliyar.

             Sementara, lanjut bupati, untuk posisi bulanan pada April 2018, BPR Gerbang Serasan sudah mulai menghasilkan lama  sebesar Rp 13.930.000. “Diharapkan perolehan laba tersebut terus meningkat seiring pertubuhan BPR pada tahun buku 2018 ini. Kedepan dapat memberikan kontribusi untuk peningkatan PAD berupa deviden kepada daerah,” jelas Muzakir.

                Bupati menilai, pencapaian yang dilakukan BPR Gerbang Serasan merupakan sangat yang menggembirakan untuk ukuran Bank BPR yang baru beroperasi kurang dari 1,5 tahun, ditengah kondisi ekonomi yang masih belum membaik dan persaingan yang ketat. “Berdasarkan penilaian tingkat kesehatan bank oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), BPR Gerbang Serasan sudah masuk criteria bank sehat,” jelasnya. 

Penulis : LPM IV
Editor : Riki Okta Putra

Tag : BPR Gerbang Serasan Muara Enim

Komentar