7 Nov 2020 13:05

Okupansi Hunian Membaik, Wyndham Opi Hotel Palembang Stabilkan Keperluan Pengunjung Dimasa Pandemi

Okupansi Hunian Membaik, Wyndham Opi Hotel Palembang Stabilkan Keperluan Pengunjung Dimasa Pandemi

Kaganga.com, Palembang - Di masa sulit saat ini sejumlah hotel di Palembang ikut turut merasakan dampaknya, namun tentunya mereka terus berupaya untuk meningkatkan kepercayaan publik menginap dalam jangka waktu lama. Bahkan sejumlah hotel sudah menerapkan program staycation (konsep liburan tinggal di hotel) untuk mengembalikan kestabilan okupansi (hunian). Salah satunya di Wyndham Opi Hotel Palembang. 

Menurut General Manager Wyndham Opi Hotel Palembang Joko Haryono, meski dampak pandemik COVID-19 dalam industri hiburan masih terasa hingga saat ini. Namun antusiasme masyarakat ke hotel mulai membaik dan perlahan mengalami peningkatan. 

"Ada  tamu yang keperluannya berbasis MICE (Meeting, Insentive travel, Convention, Exhibition) ada juga yang individu dan keluarga. Tapi berdasarkan catatan 50,5 persen yang staycation memang warga Palembang," katanya, Sabtu (07/11/2020). 

Menurutnya sejak awal Pandemik COVID-19 mulai Maret lalu, tingkat hunian sangat merosot dan turun drastis. Joko mengatakan, pemulihan okupansi mulai terlihat di bulan Agustus. Kemudian perlahan menaik pada Oktober. 

"Peningkatan terbaik (okupansi) di Oktober mulai stabil dan bulan ini (November) paling tidak targetnya harus sama (Oktober). Optimis sampai akhir tahun terus membaik,"ungkapnya 

Maka dari itu dalam rangka menanamkan rasa percaya masyarakat untuk menginap kembali di hotel. Manajemen Wyndham Opi Hotel Palembang memperhatikan kebutuhan pasar dan memanfaatkan peluang. Dalam arti memberikan produk dan layanan apapun yang diperlukan customer atau tamu. 

"Misalnya kita menerapkan semua hal-hal yang berhubungan dengan protokol kesehatan. Terus kita buat videonya, kemudian kita edukasi. Termasuk kita memiliki sertifikasi CHSE (Cleanliness, Healthy, Safety, and Environmental Sustainability)," jelasnya. 

Secara teknis, penerapan prosedural kesehatan tidak saja memfasilitasi pengecekan suhu tubuh dan handsanitizer. Pihaknya juga menjalankan sistem pelayanan penuh. Maksudnya jika pada waktu normal tamu bebas mengambil makanan. Kondisi sekarang, pengambilan makanan oleh karyawan hotel.  

"Untuk buffet (prasmanan) tidak melayani tamu ambil sendiri. Jadi diambilkan, bukan dibatasi ya. Tamu tentu boleh tambah (makan)," bebernya

Penulis : Ines Alkourni
Editor : Achmad Fadhil

Tag : Okupansi Hotel

Komentar