9 Mei 2017 20:45 | 47

Pemerintah Bersiap Terapkan Ganjil-Genap di Tol Saat Mudik

Pemerintah Bersiap Terapkan Ganjil-Genap di Tol Saat Mudik

Kaganga.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana menerapkan sistem ganjil-genap di beberapa ruas tol saat momen mudik Lebaran 2017. Hal ini guna mengantisipasi kemacetan yang kerap terjadi saat mudik.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Pudji Hartanto mengungkapkan, saat ini rencana penerapan ganjil-genap masih dalam kajian. Pemerintah akan memutuskan hal tersebut akhir Mei 2017. "Masih, nanti tanggal 31 dibicarakan lagi (penerapan ganjil-genap di ruas tol). Tadi belum ada keputusan, perintahnya untuk dikaji lagi," katanya di Kantor Kemenko bidang Kemaritiman, Jakarta.

Sementara itu Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) Desi Arryani mengungkapkan bahwa hingga saat ini belum ada keputusan mengenai penerapan ganjil-genap di ruas tol saat mudik Lebaran. Nantinya, Menko bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan yang akan memutuskan akan menggunakan sistem tersebut atau cara lain untuk mengurai kemacetan.

"Belum masih 50:50. Tadi sudah dirapatkan, semua, ada MTI, Kakorlantas segala, sama pak Dirjen Darat. Masih 50:50. Masih dikaji, nanti tanggal 31 pak Menko (Luhut Binsar Panjaitan) putusin," imbuh dia. Jika sistem ganjil-genap jadi diterapkan, kata dia, ruas tol yang mungkin akan diberlakukan adalah ruas tol Jakarta-Cikampek. Namun, pihaknya juga masih pertimbangkan pemberlakuan ganjil-genap tersebut mengingat volume kendaraan pada saat itu sangat tinggi.

"Pertimbangannya masyarakat pemilik kendaraan kan juga tinggi pada waktu mudik itu. Jadi akan diputuskan diterapkan atau tidak," katanya.

Penulis : Roy JM
Editor : Roy JM

Tag : Tol

Komentar