13 Jan 2020 15:30

Tahun 2019 Nilai Investasi Sumsel Capai Rp 26 Triliun

Tahun 2019 Nilai Investasi Sumsel Capai Rp 26 Triliun
ilustrasi

Kaganga.com, Palembang - Realisasi pencapaian Investasi Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) tahun 2019 tercatat lebih dari 26 Triliun. Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Sumsel, Megaria menjelaskan angka ini naik dibandingkan tahun 2018 lalu.  

"Jumlah tersebut naik sedikit dibanding pencapaian investasi pada 2018 lalu, yakni berkisar Rp25 triliun," terang Mega, Senin (13/1).  

Diakuinya kenaikan investasi di Sumsel dikarenakan banyak hal. Diantaranya karena koordinasi antara pusat, provinsi dan kabupaten/kota mengenai data investor di Sumsel yang semakin baik. Sedangkan Dominasi masih di pegang oleh modal dalam negeri (PMDN) yang berkisar 60 persen. Selebihnya yakni sekitar 40 persen merupakan penanaman modal asing (PMA). 

"Tercatat selama 2019 ada 461 proyek PMA dan 744 proyek PMDN di Sumsel. Jumlahnya diyakini akan bertambah pada 2020 ini," ungkapnya. 

Lanjut Mega, di tahun 2020, pihaknya tetap menargetkan peningkatan Investor lebih dari tahun 2019. Untuk itu, pihaknya akan menggaungkan kembali KEK Tanjung Api-Api. Apalagi di tahun ini pihaknya akan mengajukan kembali revisi KEK yakni PP nomor 51 tahun 2014. 

"KEK TAA ini dapat menjadi peluang besar untuk menarik investasi masuk ke Sumsel. Insya Allah revisi kita ajukan tahun ini, karena kita baru menyelesaikan RTRW dan kedepan akan menyelesaikan Amdal," kata dia.  

Selain itu, pihaknya juga terus menyosialisasikan investasi di Sumsel melalui sejumlah kegiatan di 2020 ini. Diantaranya Infrada 2020 pada April mendatang, bersamaan dengan launching pelayanan notice ‘srikandi’ yang merupakan pelayanan baru dari DPMPTSP Sumsel. 

"Kami juga menggandeng tiap OPD baik perindustrian, pertanian, dan sebagainya untuk mengajak para pelaku usaha menanamkan investasi di Sumsel. Kami juga terus menggencarkan sosialisasi kepada DPMPTSP di 17 kabupaten/kota untuk menggaungkan peluang investasi di daerahnya masing-masing," tukas dia. 

Penulis : Reza Mardiansyah
Editor : Achmad Fadhil

Tag : Investasi

Komentar