18 Des 2020 08:00

Tamansari Swarna Residence, Refleksi Elegan Kebudayaan Palembang 

Tamansari Swarna Residence, Refleksi Elegan Kebudayaan Palembang 

Kaganga.com, Palembang - Terletak di  Jl. Soekarno-Hatta, Talang Kelapa, Kota Palembang, Residensial Tamansari Swarna menerapkan konsep desain tradisional kedalam bangunan masa kini. Kali ini kita akan mengupas perpaduan elegant antara kebudayaan lokal dipadukan lekuk modern dalam design rumah Tamansari Swarna, pengembangan PT WIKA Realty.  

Sekejap melihat tampilan depan (Facade) Tamansari Swarna juga terlihat unik. Atapnya, diadaptasi dari atap limas, masing-masing sisi atap dibuat dengan kemiringan yang berbeda-beda di setiap sisinya sehingga terlihat tidak monoton. Sudut kemiringan yang dibentuk sedemikian rupa juga memberikan fungsi memperlancar aliran air hujan.

Cocok digunakan di daerah tropis yang mempunyai curah hujan tinggi. Material atap juga menggunakan bahan aspalt (bitumen) yang membuat tampilan bercorak warna abu kecoklatan seperti warna batu.

Di lain sisi, atap bitumen juga mempunyai kualitas yang baik sehingga tidak mudah bocor.  Mata kita turun hendak memasuki rumah, sejenak memandangi pintu utama rumah ini yang seperti hendak menyambut rombongan kerajaan.

Pintu gerbang rumah yang di desain khusus untuk penghuni rumah di Tamansari Swarna adalah pintu bercorak kayu setinggi 2, 8 meter, berukir motif songket rebung.

Sengaja ditampilkan kontras dengan cat warna putih yang modern pada tembok rumah, untuk menonjolkan pintu utama berukir motif songket rebung yang adalah simbol kebanggaan (Prestige) dan keharmonisan masyarakat Palembang dengan lingkungan alam. 

Bila bagian luar rumah, padu padan budaya lokal terasa dinamis, maka sisi modern pengembangan residensial rumah minimalis modern terasa di dalam rumah. Lantai menggunakan Homogenous Tile (granit) berwarna abu-abu. Memberikan kesan batu alam nan teduh ketika beranjak masuk.

Rumah Tamansari Swarna Residence yang bertipe Town house 2 (dua) lantai juga memilki bukaan-bukaan  jendela yang tinggi & lebar, sehingga pandangan mata kita akan lebih leluasa dan menghilangkan kesan sempit.

Selain itu bukaan yang lebar dan tinggi ini juga membuat sirkulasi udara di dalam rumah terasa lebih sejuk. Penghuni dapat lebih menghemat penggunaan pendingin ruangan. 

Residensial dengan konsep design luar dan dalam yang menarik di Tamansari Swarna ini merupakan satu paket lengkap dengan grand design lingkungannya yang asri. Meski masih dalam tahap pengembangan, developer PT WIKA Realty, serius mempersiapkan segala kenyaman calon penghuni residensialnya, termasuk saat ini telah dibentuk area taman yang dapat digunakan sebagai rest area bagi komunitas pesepeda yang lewat Jl. Soekarno-Hatta, ataupun aktifitas-aktifitas luar ruangan lainnya. 

“Kami turut senang meramaikan kegiatan-kegiatan menyehatkan di Kota Palembang dengan menyediakan area taman kami yang dapat digunakan untuk masyarakat umum,” ujar Erianca selaku GM Tamansari Swarna Residence, Kamis (17/12/2020).  

Lebih lanjut, disampaikan oleh GM Tamansari Swarna, Erianca, konsep pengembangan Tamansari Swarna sengaja dibentuk dengan memperhatikan kebutuhan dan kesinambungan dengan alam.

Lingkungan dengan area hijau dan vegetasi yang indah disiapkan diatas lahan seluas 20.000 m2.

Sementara untuk memaksimalkan penyerapan air hujan, jalan utama dibuat dari paving block, jogging track terbuat dari grass block, estetika lingkungan juga dilengkapi dengan underground canal dan kabel sehingga lingkungan tertata, rapi dan bersih. 

"Sejak diperkenalkan kepada masyarakat Palembang, Residensial Tamansari Swarna yang terletak di Jl. Soekarno-Hatta, Talang Kelapa, Kota Palembang telah mengalami kemajuan pesat dalam perapihan dan pembangunannya. Pada Master Plan atau rencana utama pembangunan residensial ini direncanakan akan dibangun diatas lahan seluas 20 Ha, dengan lahan hijau yang sangat luas yaitu 20.000 m2. Dilengkapi didalamnya dengan area komersial seperti Shop House (Ruko) dan food court," ungkapnya.  

Dijelaskanya, Tamansari Swarna yang artinya Emas dalam Bahasa Sansekerta dikembangkan memang untuk menjadi hunian yang bernilai tinggi bagi penghuninya, baik secara ekonomi dengan peningkatan capital gain dimasa depan seiring dengan pembangunan di Kawasan tersebut, juga value for money atas fasilitas yang didapatkan dengan memiliki residensial Tamansari Swarna.  

"Hal ini tercermin dari fasilitas yang dipersiapkan pengembang, seperti Club House dengan swimming pool lengkap dengan gym, Tempat ibadah yang didesain terdapat area yang dapat difungsikan untuk area serbaguna, seperti acara pernikahan. Keluarga baru dengan anak juga dimanjakan dengan playground aktif dengan banyak pilihan dan open green space yang sangat baik untuk pertumbuhan anak, juga jogging track dan pedestrian. Fasilitas ini terbilang lengkap dan mencukupi semua kebutuhan baik anda yang single, berkeluarga hingga menikmati masa pensiun dilingkungan yang tenang dan sehat," terangnya.  

Kebutuhan keluarga juga didukung dengan commercial area dan ruko di area Swarna terrace. Tentunya itu semua terlindungi dengan keamanan 24 jam yang diawasi CCTV dan security guard. 

"Tidak sampai disitu, lokasinya yang berda di Jl. Soekarno-Hatta, Talang Kelapa, merupakan hunian dengan multi akses. 15 menit menuju Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II International Airport, 5 menit menuju stasiun LRT Asrama Haji, rumah sakit Siloam dan RSUP Dr. Mohammad Hoesin, 20 menit ke pusat perbelanjaan Palembang Icon Mall dan Palembang Indah Mall dan pastinya sarana Pendidikan seperti Palm Kids Primary School dan Universitas Sriwijaya Palembang, 15 menit menuju rencana kantor pemprov kremasan & pintu tol Palindra," pungkasnya.

Penulis : Reza Mardiansyah
Editor : Achmad Fadhil

Tag : Properti Palembang

Komentar