8 Jun 2020 19:35

Upaya Perangi Covid-19, PT BNI Berikan Tes Swab Pada Ribuan Warga Kota Palembang

Upaya Perangi Covid-19, PT BNI Berikan Tes Swab Pada Ribuan Warga Kota Palembang

Kaganga.com,Palembang - Pasien positif Covid-19 di Sumatra Selatan semakin bertambah, selain berupaya melakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pemeritah kota Palembang juga terus melakukan kegiatan agar dapat memutus rantai penyebarannya.

Ribuan warga Palembang mengikuti tes swab secara gratis melalui program PT Bank Negara Indonesia (BNI) Persereo Tbk di Kompleks Olahraga Jakabaring Sport City (JSC) Palembang hari ini, Senin (08/06/2020).

"Kami turut membantu upaya pemerintah daerah dalam memerangi penyebaran COVID-19. Ada sekitar 2.000 masyarakat dari beragam profesi yang melakukan tes hari ini," kata Head Of Region BNI Wilayah Palembang Dodi Widjajanto.


Dodi mengatakan, program tes swab masal dari BNI ini, tidak saja dilaksanakan di Palembang. Beberapa kota lain di Indonesia yang masuk dalam daftar pun akan menyusul pelaksanaan tes secara gratis.

"Palembang masuk dalam daftar kota provinis Sumatera Selatan dari enam yang mendapatkan program tes swab gratis dari BNI, bersama Sumatera Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Bali," ungkapnya.


Berdasarkan slot, secara nasional BNI memberikan kesempatan tes swab gratis terhadap 30.000 masyarakat umum. Namun seiring, penjadwalan tes. Kemungkinan jumlah dapat bertambah.

"Mungkin slotnya tambah, karena dua provinsi lagi Kalimantan Selatan dan Sulawesi Selatan sekarang lagi tinggi (infeksi COVID-19)," tambahnya.

Peserta yang ikut tes swab berasal dari karyawan swasta, tenaga medis, wartawan, masyarakat umum dan lainnya yang melakukan pendaftaran secara mandiri atau melalui institusi tempat bekerja.

Program pemeriksaan tes swab gratis dari BNI juga bekerja sama dengan maskapai penerbangan Garuda dan Laboratorium RS Bunda di Jakarta. Selanjutnya, sample yang telah terkumpul langsung dikirim melalui pesawat terbang untuk diproses di laboratorium.

"Di lab kemungkinan 2-3 hari prosesnya. Bisa dikatakan total waktu yang dibutuhkan dari mulai tes hingga hasilnya diperoleh sekitar 5-7 hari," terangnya.

Dodi melanjutkan, setelah uji lab sampe pemeriksaan keluar. Pengumuman hasil bakal langsung diinformasikan melalui pesan singkat WhatsApp keseluruh peserta yang telah terdata.

"Bagi yang negatif nanti di WhatsApp, tapi bagi yang positif langsung dihubungi tim kesehatan dari Dinkes Palembang atau Provinsi mengingat akan ditindaklanjuti dengan masa karantina," pungkasnya.

Penulis : Ines Alkourni
Editor : Riki Okta Putra

Tag : BNI Covid

Komentar