15 Mar 2017 17:16 | 31

Warga Muara Enim Sulit Dapat Gas Elpiji 3 Kg

Warga Muara Enim Sulit Dapat Gas Elpiji 3 Kg

Kaganga.com, Muara Enim - Sulitnya mendapatkan gas elpiji 3 kg di Kabupaten Muara Enim beberapa pekan belakangan, dirasa sangat menyulitkan warga.  Jangankan warga,  penjualan gas di warung pengecer juga mengalami kekosongan.

"Entah apa penyebabnya kok gas 3 kg sulit diperoleh. Kami juga mengalami kesulitan untuk mendapatkannya,” jelas salah seorang pemilik warung yang biasa menjual gas elpiji 3 kg.

Akibat sulitnya mendapatkan gas tersebut, membuat harga jualnya pun menjadi naik. Jika biasanya harga gas tersebut di warung pengecer sebesar Rp 20 ribu per tabung, sekarang harganya mencapai Rp 25 ribu.

Sementara salah seorang  agen gas Asmi (Agen Gas Enim Permai), ketika dikonfirmasi membantah bahwa gas elpiji 3 kg langka di Kabupaten Muara Enim. "Gas 3 Kg tidak langka, tapi kurang. Karena gas elpiji ukuran 12 kg dan 5 kg banyak dijual, tetapi masyarakat tidak mau membelinya,” jelas Asmi, Rabu (15/3).

Masyarakat, lanjutnya, tetap ingin membeli gas kemasan 3 kg. Padahal gas kemasan tersebut jelas diperuntukan bagi masyarakat kurang mampu. Namun pada kenyataannya, masyarakat mampu banyak yang membelinya.

Menurutnya, pasokan gas ukuran 3 kg sudah sesuai dengan kuota yang diberikan Pertamina dan pengirimannya cukup lancar. "Jatah gas 3 kg untuk kami setiap bulannya 40 mobil truk dengan jumlah 560 tabung tiap truk,” jelasnya.

"Gas tersebut didistribusikan kepada pangkalan. Kesulitan mendapatkan gas 3 kg ini sebenarnya sudah mulai terjadi awal Maret lalu, tetapi puncaknya baru terasa di minggu ke 2 bulan ini,’ jelasnya.

Dijelaskannya, ada 3 faktor yang menyebabkan terjadinya kesulitan mendapatkan gas 3 kg. Yakni setiap saat terjadi perkembangan penduduk dengan bermunculannya rumah tangga baru.

"Dulu masyarakat di pedesaan memasak menggunakan kayu bakar, sekarang mereka sudah beralih ke gas. Kemudian masyarakat mampu masih banyak yang membeli gas ukuran 3 kg. Padahal gas 3 kg itu disubsidi pemerintah untuk masyarakat tidak mampu," pungkasnya.

Penulis : Satria Nugroho

Tag : Elpiji 3kg Muara Enim

Komentar