9 Mei 2017 21:05 | 70

XL-Kemendikbud Gelar Program 1.000 Sekolah Broadband

XL-Kemendikbud Gelar Program 1.000 Sekolah Broadband

Kaganga.com - Operator seluler PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) dan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menjalin kerja sama mewujudkan Program 1.000 sekolah broadband bagi SMA/SMK di Tanah Air.

"Program ini bentuk nyata dukungan XL Axiata untuk meningkatkan kualitas pendidikan nasional melalui pemanfaatan akses internet cepat dan teknologi digital," kata Direktur Utama/CEO XL Axiata, Dian Siswarini.

Menurut Dian, kerja sama XL dengan Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud, sangat mambantu XL dalam memetakan sekolah-sekolah yang diprioritaskan untuk disalurkan donasi. "Diharapkan, Program 1.000 Sekolah Broadband ini mampu membantu pemerintah meningkatan kualitas pendidikan di berbagai daerah melalui pemanfaatan internet cepat secara efektif dan tepat guna, serta untuk mengakses sumber-sumber ilmu pengetahuan," katanya.

Sementara itu, Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah, Kemendikbud, Hamid Muhammad mengapresiasi inisiatif XL Program 1.000 Sekolah Broadband, karena sesuai dengan salah satu agenda dari kementerian yang berusaha memeratakan pemanfaatan teknologi digital untuk meningkatkan kualitas pendidikan di tingkat dasar dan menengah.

"Program ini sekaligus mampu mengurangi kesenjangan atas penerapan teknologi digital oleh sekolah-sekolah di daerah dan di kota-kota besar, termasuk juga kesenjangan dibandingkan dengan sekolah di luar negeri," tegas Hamid. Sejak diluncurkan pada 2 November 2016, hingga kini XL Axiata telah menyalurkan bantuan akses internet cepat 4G LTE ke tidak kurang dari 100 sekolah di 30 kabupaten dan kota, dan 15 provinsi.

Dengan begitu, setidaknya sudah sekitar 5.000 ribu siswa yang mendapatkan manfaat dari program ini. Sementara itu Bali, pada kesempatan itu XL Axiata menyalurkan donasi Mobile Broadband kepada 12 sekolah, yaitu SMAN 2 Bangli, SMAN 1 Amlapura, SMK Pariwisata Biwi Tabanan, SMAN 1 Kediri, SMAS Pariwisata Saraswati. Selanjutnya SMAN 5 Denpasar, SMAN 3 Singaraja, SMA N 1 Pupuan, SMKS PGRI 3 Denpasar, SMKN 1 Denpasar, SMKS TI Bali Global, dan SMKN 3 Batubulan.

Penulis : Roy JM
Editor : Roy JM

Tag : XL

Komentar