13 Jan 2020 16:25

Jadi Tuan Rumah ITS, Palembang Punya Daya Tarik Sendiri Bagi Atlet Triathlon

Jadi Tuan Rumah ITS, Palembang Punya Daya Tarik Sendiri Bagi Atlet Triathlon

Kaganga.com,Palembang - Sebagai kota yang memiliki fasilitas olahraga yang berstandar Internasional, Kota Palembang kembali akan menjadi tuan rumah turnamen Indonesia Triathlon Series (ITS) bertajuk Palembang Triathlon 2020.

Event sport tourism berskala internasional tersebut akan digelar pada 22-23 Februari 2020 mendatang.

Hal ini di katakan langsung oleh Ketua Pelaksana Palembang Triatlon II 2020, AW Nofiadi, peserta nantinya akan mengikuti perlombaan rangkaian olahraga yang terdiri dari berenang, bersepeda, dan berlari dimulai dari danau Jakabaring Sport City (JSC).

Setelah berenang, para peserta dilanjutkan dengan berlari sejauh 20 kilometer di area JSC kemudian dilanjutkan bersepeda keluar JSC kemudian melintasi trek panjang melalui Jembatan Ampera melewati Masjid Agung dan kembali finish di JSC.

"Pada event kali ini memang ada juga pemula, kemudian ada yang profesional dan juga komunitas," katanya saat jumpa pers di Cafe Eat Boss, Senin (13/01/2020).

Dirinya menjelaskan pada tahun 2019 para peserta mencapai 400 peserta. Pada tahun ini pihaknya menargetkan sampai dengan 500 peserta. Bahkan menurutnya Palembang Triathlon 2020 akan berbeda dari ajang sebelumnya.

Para peserta nantinya akan dimanjakan dengan pemandangan jembatan Ampera yang merupakan ikon dari kota Palembang sendiri. Selain itu, para peserta juga akan langsung menikmati fasilitas kelas internasional yang digunakan pada Asian Games 2018 di Jakabaring Sportcity.

"Ada sensasi sendiri bagi peserta mencoba trek di Palembang, karena peserta akan mendapatkan sensasi lari melintas jembatan Ampera," jelas Ovi, sapaannya.

Wakil ketua Palembang Triathlon 2020, Liza Sako mengungkapkan pada gelaran Palembang Triathlon nanti pihaknya akan menutup Jembatan Ampera mulai pukul 05.00 hingga pukul 11.00.

Tak hanya atlet asal Indonesia, Palembang Triathlon 2020 nantinya juga bakal diikuti sejumlah atlet triathlon nasional yang sudah berlaga di Asian Games 2018, dan SEA Games 2019 di Filipina.

"Kami akan coba sterilkan jembatan Ampera nantinya. Kita minta kerjasama masyarakat untuk strelisasi ini," ungkapnya.

Menurutnya ajang ini merupakan berkah tersendiri bagi kota pempek. Sebab, nantinya banyaknya peserta yang datang akan membuat perekonomian di Sumsel bakal meningkat.

Mulai dari maskapai penerbangan, hotel, pusat oleh-oleh hingga UMKM akan merasakan imbas dari event yang direncanakan berlangsung setiap tahun ini.

"Pergerakan ekonomi juga akan ikut berkembang imbas ajang ini. Nanti kita akan ada kuliner khusus di Jakabaring untuk para UMKM," pungkasnya.

Untuk diketahui, ITS 2020 memiliki enam seri atau enam tempat berbeda. Selain Palembang, lima kota lainnya adalah Jakarta, Mandalika (Nusa Tenggara Barat), Pariaman (Sumatera Barat), Belitung, dan di Bandung.

Penulis : Ines Alkourni
Editor : Riki Okta Putra

Tag : Triathlon 2020

Komentar