29 Jun 2020 16:05

Kunker ke KONI Sumsel, Komisi III DPRD Empatlawang Singgung Minimnya Fasilitas Olahraga

Kunker ke KONI Sumsel, Komisi III DPRD Empatlawang Singgung Minimnya Fasilitas Olahraga

Kaganga.com, Palembang - Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Empatlawang menyuarakan persoalan minimnya fasilitas olahraga di kabupaten pemekaran itu, saat melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Komite Olahraha Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Senin (29/6/2020). 

Menurut Ketua Komisi III DPRD Empatlawang Darli, SH, tujuan Komisi III melakukan kunker ke KONI Sumsel untuk meminta masukan dan saran dari KONI Sumsel, terkait pembinaan olahraga serta fasilitas pendukung. 

"Selain silaturahmi, kami juga minta masukan dari KONI Sumsel, karena kondisi fasilitas olahraga di Empatlawang sangat minim sekali. Kami ingin minta bantuan untuk meningkatkan infrastruktur olahraga di Empatlawang," katanya.

Menurutnya, untuk membangun infrastruktur olahraga jelas tidak bisa mengandalkan bantuan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empatlawang, karena Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Empatlawang sangat kecil. 

"Makanya kami minta masukan agar fasilitas olahraga di Empatlawang cepat berkembang. Kesimpulannya, kita bisa melakukan sumber dana dengan menggandeng pihak ketiga," tambah wakil rakyat dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN). 

Lebih lanjut, mereka sudah melakukan koordinasi dengan perusahaan yang beroperasi di Empatlawang, dan akhirnya berkat bantuan dari Gubernur Sumsel mereka mendapat bantuan pembangunan stadion mimi dari Corporate Social Responsibility (CSR) PT Bukit Asam (PTBA). 

"Harapan kami bantuannya jangan cuma sekali ini, karena kami sangat membutuhkan fasilitas olahraga, karena kami kabupaten baru, dan di Empatlawang hanya ada tiga perusahaan," lanjutnya. 

Meski minim fasilitas, kata dia, Empatlawang memiliki atlet yang cukup berprestasi di antaranya dari cabang olahraga (Cabor) silat, panjat tebing, catur dan balap motor/motor cross. Bahkan di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Prabumulih tahun 2019, atlet silat Empatlawang berhasil mendapatkan medali emas. 

"Makanya dari penjelasan KONI Sums tadi harus ada bonus untuk menambah semangat atlet. Termasuk juga pemberian honor dan bonus," pungkasnya

Penulis : Ines Alkourni
Editor : Achmad Fadhil

Tag : Olahraga KONI Sumsel

Komentar