16 Mei 2020 14:55

Lima KONI Kabupaten/Kota Gelar Musorkab dan Musorkot

Lima KONI Kabupaten/Kota Gelar Musorkab dan Musorkot

Kaganga.com, Palembang - Sebanyak lima Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten/Kota di Sumatera Selatan (Sumsel) siap menggelar Musyawarah Olahraga Kabupaten (Musorkab) dan Musyawarah Olahraga Kota (Musorkot). Kelima KONI tersebut adalah KONI Kota Palembang, KONI Kabupaten Musirawas (Mura), KONI Kota Lubuklinggau, KONI Kabupaten Lahat dan KONI Kabupaten Muaraenim. 

Demikian terungkap dalam rapat video conference antara KONI Sumsel dan KONI Kabupaten/Kota di Sekretariat KONI Sumsel, Sabtu (16/05/2020).

Hadir dalam rapat tersebut, Ketua Umum KONI Sumsel Hendri Zainuddin, Sekretaris Umum Suparman Romans, Wakil Ketua Umum I Ahmad Yani, Wakil Ketua Umum II Jamaluddin. 

Hendri Zainuddin, Ketua Umum KONI Sumsel mengatakan, ada lima KONI Kabupaten dan Kota yang akan menggelar Musorkab dan Musorkot karena sudah habis masa kepengurusannya. KONI yang dimaksud antara lain, KONI Kota Palembang, Surat Keputusan (SK) Pelaksana Tugas (Plt) akan habis pada Juli 2020. 

Kemudian KONI Kabupaten Musirawas SK Plt sampai Agustus 2020, KONI Kota Lubuklinggau sampai September 2020, KONI Kabupaten Muaraenim diperpanjang sampai Juni 2020 dan KONI Kabupaten Lahat diperpanjang hingga April 2020. 

"Tujuan rapat video conference ini untuk membahas kesiapan Musorkab dan Musorkot lima KONI Kabupaten/Kota yang sudah habis masa kepengurusannya, dan belum bisa melakukan pemilihan karena dampak dari Covid-19," kata Hendri Zainuddin. 

Dalam rapat virtual tersebut, Hendri mengusulkan agar Musorkab dan Musorkot yang sudah siap, agar menggelar pemilihan secara virtual  dan membuat sejarah baru. Pemilihan secara virtual ini bisa dilakukan dengan melakukan kerja sama dengan Dinas Informasi dan Konfirmasi (Inforkom) untuk memfasilitasi. 

"Kalau KONI Muarenim dan Lahat sudah siap bisa menggelar pemilihan secara virtual dan ini akan menjadi sejarah baru. Bisa kerja sama dengan Inforkom dan Cabor agar berlangsung dengan baik," ungkapnya. 

"Nanti KONI Sumsel akan memberikan sambutan dan pimpinan sidang dari kami, apalagi Muaraenim sudah mengarah ke aklamasi. Tapi kalau dilakukan pemilihan langsung dilakukan secara konvensional saja. Mohon ini dirapatkan dan diputuskan," tambahnya. 

Untuk KONI Kabupaten Lahat, Hendri menambahkan, secara umum mereka sudah siap menggelar Musorkab, namun arahnya akan ada 'perang' kandidat. 

"Makanya kami tanyakan kepada Waketum I dan Bidang Organisasi KONI Sumsel apakah bisa diperpanjang hingga bulan Agustus 2020, karena Insya Allah Indonesia dibuka umum akhir Juli dan Musorkab urgent untuk dilakukan," jelasnya. 

Plt KONI Kota Palembang Aliyudin Asral menambahkan, sudah mengusulkan kepada Walikota Palembang, untuk menggelar Musorkot setelah Pekan Olahraga Kota (Porkot) September 2020. 

"Sudah kita usulkan Musorkot akan dilakukan setelah Porkot yang akan digelar September 2020. Kemudian, untuk KONI Kota Palembang Bapak Suparman Romans secara periode sampai 2021. Musorkot KONI Kota Palembang akan dilakukan sekitar bulan November atau Desember 2020," tegas Aliyudin. 

Rapat virtual tersebut diikuti 13 KONI Kabupaten/Kota, antara lain KONI Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), KONI Kabupaten Musirawas Utara (Muratara), KONI Kabupaten Lahat, KONI Kabupaten OKU Timur, KONI Kabupaten Muaraenim, KONI Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), KONI Kabupaten OKU, KONI Kabupaten OKU Timur, KONI Kabupaten OKU Selatan, KONI Kota Pagaralam, KONI Kota Prabumulih, KONI Kabupaten Empatlawang dan KONI Kota Palembang.

Penulis : Ines Alkourni
Editor : Achmad Fadhil

Tag : KONI Sumsel

Komentar