1 Mei 2020 17:00

Ramadhan yang Berbeda, Rifky Akui Tak  Bisa Ngabuburit

Ramadhan yang Berbeda, Rifky Akui Tak  Bisa Ngabuburit

Kaganga.com, Palembang - Memasuki Sepekan semya umat muslim menjalankan ibadah puasa Ramadan. Tahun ini suasananya terasa amat berbeda lantaran pandemi virus corona yang tengah melanda Indonesia. 

Tak ada lagi yang namanya ngabuburit alias kumpul-kumpul bersama teman sambil berkegiatan menunggu waktu berbuka puasa. Hal itu dirasakan oleh bek Sriwijaya FC, Rifky Ale Silitonga. 

Rifky merupakan salah satu pemain muda yang direkrut pelatih Budiardjo Thalib untuk mengisi skuat Sriwijaya FC di Liga 2 2020.

Dia menembus tim utama bersama tiga pemain lokal lain seperti Bagus Wijaya, Guntur Agung Ramadhan, dan Royhan Hafiludin. 

Dikatakannya, menjelang berbuka puasa, ia tak biasa hanya duduk manis menunggu azan magrib. Tapi, ia juga tak bisa pergi keluar mengingat pemerintah sudah menginstruksikan masyarakat tetap berada di rumah untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona. 

Oleh karena itulah, Rifky coba memanfaatkan waktu menjelang berbuka puasa dengan latihan di lingkungan rumahnya untuk menjaga kebugaran tubuh.  Dengan latihan, selain tetap menjaga kebugaran. Waktu juga terasa berjalan lebih cepat. Saat menghentikan latihan, azan magrib tanda berbuka puasa pun berkumandang. 

"Saya langsung membatalkan puasa, sudah pasti dengan kurma. Setelah itu, kuliner tradisional khas Palembang, yakni pempek, yang notabene makanan favorit. Pokoknya tidak ketinggalan selama buka puasa," kata Rifky. 

Menurutnya, Ramadan kali ini merupakan duka bagi semua umat muslim. Tapi, pemain yang pernah memperkuat timnas Indonesia U-14 dalam ajang Asean School Championship 2016 di Malaysia ini tetap ingin menyambut bulan puasa dengan suka cita meskipun dalam keadaan mencekam. 

"Pastilah pasti ada perasaan sedih, tapi mau bagaimana lagi. Keadaan juga seperti ini, yang penting selalu berpikiran positif sama berdoa saja biar lebih baik lagi ke depannya," pungkasnya.

Penulis : Ines Alkourni
Editor : Achmad Fadhil

Tag : Sriwijaya FC SFC

Komentar