11 Feb 2020 19:10

Venue Pendukung Belum Diperbaiki, Ketum PSSI Masih Pertimbangkan GSJ jadi Tuan Rumah Piala Dunia

Venue Pendukung Belum Diperbaiki, Ketum PSSI Masih Pertimbangkan GSJ jadi Tuan Rumah Piala Dunia

Kaganga.com, Palembang - Masuk dalam daftar tuan rumah penyelenggara Piala Dunia U-20 tahun 2021. Ketum PSSI pusat Mochammad Iriawan melakukan inspeksi khusus di stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Selasa (11/2/2020)  

Didampingi Sekjen PSSI Ratu Tisha, Kedatangan mereka ini tak lain dalam rangka menilai kelayakan Stadion GSJ.

Dalam hal ini Ketum PSSI Mochammad Iriawan menyampaikan akan ada 6 stadion tambahan yang telah ditetapkan menjadi tuan rumah piala dunia, namun pihaknya belum mau mengkonfirmasi stadion mana yang akan terpilih sebagai "city house" ajang internasional tersebut.  

"Tadinya 4 stadion yang kita pilih kemudian kita tambah lagi 6,  jadi ada kans besar dari 11 stadion yang direkomendasikan, kalau 4 lebih kecil jadi kita menginginkan banyak kota menjadi tuan tuan rumah world cup," kata Iwan Bule. 

Sementara itu Inspeksi dilakukan di lima stadion sekaligus yakni antara lain Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring,  Stadion Bumi Sriwijaya, Venue Atletik dan juga venue baseball.  

Iwan Bule mengakui akan ada beberapa item yang perlu dipertimbangkan baik dari segi akomodasi,kesiapan lapangan, transportasi ,keamanan hingga media. 

"Untuk pertimbangan kita lihat kesiapan stadion utama bagaimana kesiapan kepala daerah, serta akomodasi, transportasi jarak antar stadion utama ke hotel tidak lebih 30 menit. Kemudian untuk empat venue pendukung,  yakni panahan, baseball, atletik, kami mendapatkan laporan ada beberapa stadion yang belum diperbaiki, seperti atletik ukurannya kurang sehingga belum masuk standar, namun nanti kita lihat lagi setelah diperbaiki sesuai standar kami akan pertimbangkan mudah mudahan sumsel masuk dalam city house piala dunia,"lanjutnya 

Sementara, mengenai peluang Sumsel, Iwan Bule juga mengungkapkan masih mempertimbangkan,  namun ia juga tidak menutup kemungkinan kota pempek ini akan terpilih, apalagi baginya Sumsel diunggul dari segi pengalamannya yang sudah menghajat banyak event internasional lainnya.  

"Peluang ini sedang kita lihat secara pengalaman Sumsel sifatnya sudah menggelar even internasional,  itu yang menajdi catatan yang pentimlng tentunya kepala daerah yang menjadi atensi kita," terangnya. 

Di tempat yang sama Gubernur Sumsel Herman Deru mengaku optimis Sumsel bisa terpilih menjadi salah satu tuan rumah Piala Dunia, apalagi Sumsel memiliki banyak segudang pengalam salah satunya menggelar ajang internasional lainnya seperti Asian Games, Islamic Solidarity Games, Sea Games hingga AFF Woman World Cup 2018 lalu.  

"Untuk Anggaran pasti ada, seperti disampaikan pak Iwan Bule dari pusat pendanaan, daerah mencukupi, Saya bilang tadi pengrus umum untuk mendukung infrastruktur, karena kemenangan sumsel adalah tidak bisa dituru lain dengan daerah lain pengalamannya," pungkasnya.

Penulis : Ines Alkourni
Editor : Achmad Fadhil

Tag : PSSI Piala Dunia U-20

Komentar