11 Okt 2018 18:55

GMHP Akomodir Pemilih Diluar DPT

GMHP Akomodir Pemilih Diluar DPT

Kaganga.com, Palembang - Bagi masyarakat yang sudah memiliki hak pilih tapi belum masuk daftar pilih, untuk itu Komisi Pemilihan Umum (KPU) masih ada kesempatan masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), melalui program Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP).

Komisioner KPU Sumsel Divisi Program dan Data KPU Sumsel, Heny Susantih mengatakan pihaknya telah menggencarkan program GMHP selama
Oktober ini. Gerakan tersebut bertujuan untuk meminimalisir kesalahan dalam menginput DPT Pemilu yang akan menggunakan hak pilihnya pada
pileg dan pilpres tahun 2019 mendatang, guna menyelamatkan, merawat dan melindungi yang merupakan hak konstitusional.

“Kami telah membentuk Posko GMHP yang ada disetiap PPS yang siap melayani masyarakat terkait hak pilih, jika tidak terdaftar kami persilakan masyarakat untuk datang ke Posko,”kata Heny, kemarin (11/10).

Menurut Heny, apabila ada masyarakat yang belum masuk di DPT, masyarakat dapat mendaftarkan diri melalui PPS Kelurahan, yang sesuai
domisili Kartu Tanda Penduduk (KTP) dengan membawa E-KTP atau KK atau Surat Keterangan dari Dukcapil.

Masyarakat juga bisa mengecek data pemilih melalui aplikasi android dengan mendownload KPU Pemilu 2019 di play store atau bisa juga mengecek online di WWW.Lindungihakpilihmu.go.id.

Dia berharap, seluruh stakeholder memviralkan GMHP, agar masyarakat berperan aktif mengkroscek DPT. Gerakan melindungi hak pilih bukan cuma pada pemilih saja yang belum terdaftar karena pindah domisili. Namun juga kepada keluarga pemilih yang meninggal dunia atau yang telah jadi menjadi aparatur negara, seperti TNI-Polri.

“ Kami minta ke masyarakat, laporkan ke kami.17 Oktober nanti secara serentak akan digelar GMHP serentak secara nasional,”tukasnya.

Penulis : Achmad Fadhil
Editor : Riki Okta Putra

Tag : Hak Pilih GMHP Pemilu 2019

Komentar