23 Sep 2019 16:15

Golkar Tunjuk Anita Noeringhati jadi Ketua DPRD Sumsel

Golkar Tunjuk Anita Noeringhati jadi Ketua DPRD Sumsel

Kaganga.com, Palembang - Setelah proses seleksi dan evaluasi yang dilakukan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar, akhirnya mengeluarkan nama RA Anita Noeringhati yang ditunjuk menjadi Ketua DPRD Provinsi Sumsel periode 2019-2024. Demikian diungkapkan Ketua DPD Golkar Sumsel, Ir H Alex Noerdin kepada wartawan, Senin (23/9/2019) siang di Hotel Excelton. 

"Dari delapan nama yang direkomendasikan ke DPP Golkar dan melalui proses evaluasi sudah menunjuk Bu Anita jadi Ketua DPRD Sumsel," ujarnya. 

Menurut Mantan Gubernur Sumsel ini, pertimbangan ditunjuknya Anita Noeringhati menjadi Ketua DPRD Sumsel dinilai dari loyalitas kepada partai baik secara pribadi maupun organisasi. 

"Di Golkar ini sudah ada mekanisme yang harus ditaati, semua nama sudah diusulkan dari Provinsi ke DPP. Untuk mencari orang yang memenuhi kriteria, diantaranya harus sedang duduk di pengurus harian Golkar Provinsi, sudah pernah jadi anggota DPRD Provinsi dan yang paling penting harus loyal kepada partai. Nah Ibu Anita ini tidak diragukan lagi loyalitasnya, baik untuk organisasi maupun pribadi," tegas Alex Noerdin. 

Lanjut dijelaskannya, setelah pelantikan hari Selasa (24/9/2019) besok akan ada pelantikan pengurus pimpinan DPRD Sumsel. Masih kata dia, pada pileg 2019 ini Golkar menjadi partai pemenang dengan mendapatkan kursi ketua DPRD Sumsel. 

"Dari 17 kabupaten kota mendapat 6 kursi ketua DPRD, 9 kursi Wakil Ketua DPRD dan 1 kursi Ketua DPRD. Ini suatu prestasi yang sangat bisa dibanggakan," imbuhnya. 

Ditanya susunan anggota Komisi di DPRD Sumsel, kata Alex permasalahan susunan komisi akan dikoordinasikan kembali oleh Ketua DPRD Sumsel Anita Noeringhati. 

"Untuk susunan anggota komisi silahkan koordinasi lagi dengan Bu Anita. Namun, DPD sudah menentukan Ketua Fraksi Golkar Fatra Radezayansyah, Wakil merangkap Bendahara diisi oleh Nadia Basir dan Sekretaris diisi oleh Hasbi Asadiki," bebernya. 

Sementara, Ketua DPRD Sumsel terpilih periode 2019-2024, RA Anita Noeringhati mengatakan dirinya akan mengembalikan marwah DPRD Sumsel dengan menjalankan kembali program-program yang sempat diusulkan namun belum dijalankan.  "Bagaimanapun penyelenggaraan pemerintahan bukan hanya dilakukan oleh Pemprov tapi juga ada andil dari DPRD. Jadi kami akan mendukung apapun program Pemprov, namun kami juga siap mengkritisi jika ada kebijakan yang tidak pro rakyat," tegasnya. 

Selain mengumumkan calon Ketua DPRD Sumsel, dalam kesempatan itu Golkar juga mengumumkan nama nama calon pimpinan DPRD Kabupaten Kota di Sumsel.  

Sekretaris DPD Golkar Sumsel, Herpanto menyebutkan hasil pemilu 17 April lalu, Partai Golkar sukses meraih 6 kursi Ketua DPRD Kabupaten/Kota dan 9 Kursi Wakil Ketua DPRD Kabupaten/Kota.  Berikut nama Calon Ketua DPRD Kabupaten/Kota dari Golkar.

Untuk Ketua DPRD Muba, dijabat oleh Sugondo, Banyuasin Irian Setiawan, Ogan Ilir Suharto, Prabumulih Sutarno, Lubuklinggau dijabat Rodi Wijaya, OKU Timur Beni Davidson.  

Sedangkan 9 nama calon wakil ketua DPRD Kabupaten/Kota yaitu, Wakil Ketua DPRD OKI dari partai Golkar dijabat oleh Bakri Tarmusi, OKU Selatan Yohana, OKU Yoni Arianto, Muaraenim Hadiono, PALI Irwan ST, Pagaralam dijabat Efsi,  Empat Lawang dijabat Windra Sapri, Musi Rawas dijabat Cik Ola, sementara Wakil Ketua DPRD Lahat DPD Golkar Sumsel belum menerima SK dari DPP.  

"Untuk Wakil Ketua DPRD Lahat dari Golkar, kami belum menerima SK nya, mungkin masih diverifikasi," pungkasnya.

Editor : Achmad Fadhil

Tag : Golkar Sumsel Ketua DPRD Sumsel Anita Noeringhati

Komentar