18 Apr 2017 18:10 | 78

Hutang Pemprov Capai 1,4 Triliun 

Hutang Pemprov Capai 1,4 Triliun 

Kaganga.com, Palembang - Sebelum berakhir hingga 2018 nanti Pemprov Sumsel berkewajiban menyelesaikan hutang dengan total mencapai Rp 1,4 Triliun. Hal ini diungkapkan Wakil Ketua Komisi III DPRD Sumsel, Agus Sutikno. Menurut Agus, ada beberapa hal yang menjadi perhatian pihaknya pada bahasan kali ini. Yaitu, dari sisi pemasukan, baik dari sisi transfer daerah dari pusat, yang senantiasa terhambat, atau pun berkurang, maupun dari sisi pendapat daerah yang tidak capai target.

“Jadi, stressing kami kepada BPKAD adalah, penyelesaian kewajiban ke kabupaten-kota serta menyelesaikan kewajiban kepada pihak ketiga,” katanya.

Dikatakannya, pihaknya tengah membahas Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Gubernur Sumsel tahun anggaran 2016. Namun, belum pada sisi anggaran, baru sebatas sebagai kinerja.

“Detilnya saya tidak hafal, tapi yang jelas Rp 1,4 triliun. Sebanyak Rp 615 miliar, kalau saya tidak salah, dan sisanya ya kewajiban pemprov ke kabupaten-kota. Hutang Pemprov Sumsel ke kabupaten-kota.”

Itu kewajiban di 2016 dan tahun berjalan 2017. Sedangkan hutang di 2015 katanya sudah selesai. Ini diharuskan selesai sesuai dengan masa bakti gubernur hingga 2018. 

“Yang diutamakan dibayar pada tahun ini adalah daerah yang akan menggelar Pilkada serentak. Sebab mereka membutuhkannya,” pungkasnya.

Penulis : Achmad Fadhil
Editor : Riki Okta Putra

Tag : hutang pemprov sumsel

Komentar