13 Sep 2018 23:00

Masyarakat Ingin Caleg Berkualitas

Masyarakat Ingin Caleg Berkualitas

Kaganga.com, Palembang - Meskipun di tataran grassroot yang namanya put buying masih kuat. Menurut Peneliti Senior bidang politik LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia), Prof DR Siti Zuhro, terlepas dari kuatnya put buying masyarakat sangat happy dengan caleg-caleg yang bagus, yang berkualitas. Dan ini mengapa lalu ada paradigma yang berubah? 

"Ya bisa dipahami karena Pilkada kita itu sudah 1.400 lebih dan Pemilu kita saat ini sudah akan lima kali. Jadi wajar banyak tuntutannya baik di Pilpres maupun di Pileg sama-sama menuntut bahwa Caleg-caleg yang bakal duduk di parlemen baik di DPR RI, DPRD Provinsi, maupun kabupaten/kota adalah memang anggota dewan yang representasikan rakyat," ujar Profesor yang menyelesaikan studi S3 Curtin University, Perth Australia.

Mestinya kata Siti Zuhro, dikemas dari awal agar semua Caleg-caleg yang dipromosikan oleh partai itu tidak terlempar atau tidak menjadi katakan idolanya masyarakan. 

Mestinya partai-partai sudah bisa memprediksi, mengantisipasi bahwa kontestasinya akan sengit itu di Pileg. Meskipun di Pilpresnya juga sama. Dalam saat yang bersamaan fokus itu diarahkan ke Pilpres dan Pileg. 

"Tidak ada satu partaipun yang tidak menganggap Pileg penting. Penting sekali karena itu menyangkut nasib partai. Jadi tidak benar kalau dikatakan Pilpres seolah-olah mendominasi, tidak. Cuma karena memang Pilpres itu jumlahnya sedikit. Pasangan Calon cuma dua. Sementara untuk Pileg calon wakil rakyat ini banyak. Bisa dipahami dalam konteks itu. Bukan berarti tidak penting, sangat penting, krusial," pungkasnya.

Penulis : Achmad Fadhil
Editor : Riki Okta Putra

Tag : Pileg 2019 Siti zuhro

Komentar