4 Feb 2020 16:35

Penyerahan Dukungan Calon Independen Dibuka 19 Februari

Penyerahan Dukungan Calon Independen Dibuka 19 Februari

Kaganga.com, Palembang - Bagi Pasangan Calon (Paslon) Independent yang ingin ikut serta dalam Pilkada Serentak tahun 2020 di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) diharapkan bisa menyerahkan laporan dukungan bagi paslon tersebut ke KPU Sumsel tanggal 19 hingga 23 Februari mendatang.  

Hal ini disampaikan Ketua KPU Provinsi Sumsel Kelly Mariana, katanya dari tujuh kabupaten kota yang akan mengadakan pilkada serentak jika ada yang ingin mencalonkan diri secara independent (bukan dari partai politik) bisa menyerahkan syarat dukungan 19  - 23 February nanti.  

" Dari tanggal itu,  akan dibuka penyerahan dukungan bagi paslon independen. Dimana, syarat bagi calon independen di masing-masing daerah yakni harus menyerahkan dukungan berupa KTP sebanyak setengah dari Daftar Pemilih Tetap (DPT),"  terang Kelly, saat di jumpai di kantor Gubernur Sumsel, Selasa (4/2/2020) . 

Lanjut Kelly, dari  tujuh daerah penyelenggara pilkada 2020, hampir semua harus menyerahkan 8,5 persen dari jumlah seluruh DPT.

"Hanya Pali yang berbeda yakni 10 Persen karena DPT mereka hanya 150 Ribu pemillih, yang lainya tetap sama 8,5 persen," jelasnya.  

Sedangkan untuk dana, sejauh ini sudah disetujui sesuai NHPD dengan rincian diantaranya OKU Timur sebesar Rp 47 miliar, Ogan Ilir (OI) sebesar Rp 50 miliar, Muratara sebesar Rp 28 miliar, PALI sebesar Rp 41 miliar, Musirawas sebesar Rp 45 miliar, dan OKU Selatan Rp 45 miliar.

"Ada beberapa yang saya lupa rinciannya, hanya itu yang saya ingat untuk dananya dan ini sesuai dengan NHPD nya," katanya. 

Untuk kesiapan sendiri, Kelly mengatakan saat ini tahapan Pilkada serentak di tujuh kabupaten/kota di Sumsel sudah masuk dalam tahap rekrutmen PPK. DImana, pendaftaran sudah dibuka dan telah dilakukan tes tertulis. Bahkan, telah dipilih 10 besar calon anggota PPK di tiap kecamatan di wilayah Pilkada serentak. 

"Sebagian daerah sudah diumumkan hari ini, dan yang belum akan diumumkan besok," pungkasnya. 

Penulis : Reza Mardiansyah
Editor : Achmad Fadhil

Tag : KPU Sumsel

Komentar