1 Okt 2019 16:35
Pilkada 2020

Perebutan Kursi Bupati OKU Timur Memanas, LSD Rilis 5 Nama Terpopuler

Perebutan Kursi Bupati OKU Timur Memanas, LSD Rilis 5 Nama Terpopuler

Kaganga.com, Palembang - Meskipun Pilkada serentak masih akan dilaksanakan satu tahun lagi, namun konstalasi politik di beberapa wilayah daerah di Sumatera Selatan mulai memanas. Seperti di kabupaten OKU Timur, tokoh-tokoh politik mulai menyatakan diri akan maju memperebutkan kursi di Pilkada 2020.  

Meskipun pernyataan yang dikeluarkan oleh para tokoh masyarakat ini belum bersifat resmi, namun situasi itu telah memicu persaingan diantara para tokoh. Saat ini, sudah lebih dari lima Tokoh masyarakat yang menyatakan diri siap maju dalam Pilkada tahun 2020. Tingginya tingkat persaingan politik di Kabupaten OKU Timur, sangat wajar terjadi. Karena wilayah ini merupakan basis dari tokoh-tokoh politik di tingkat nasional dan Sumatera Selatan.   

“Kami melakukan survey politik di kabupaten OKU Timur, dimana persaingan politik di kabupaten OKU Timur saat ini sudah berjalan ketat. Selain itu, Pilkada di Kabupaten OKU Timur bisa menentukan peta politik di kancah Sumsel dan kancah nasional untuk beberapa tahun ke depan,”kata Direktur Lembaga Survey Demokrasi (LSD) Mohamad Faisal, saat menggelar jumpa pers di Hotel Classie Palembang, Selasa (1/10/2019). 

Mantan Staff Ahli DPR RI ini menjelaskan, dari hasil survey yang dilakukan LSD, ada lima tokoh yang menonjol akan bersaing ketat dalam perebutan kursi no 1 di Kabupaten OKU Timur. Namun popularitas lima kandidat akan bisa dikejar oleh lima calon lain yang juga menyatakan diri akan bersaing menjadi Bupati OKU Timur.  

"Kita menggunakan teori pendorong tingkat kepopuleran, yaitu punya modal politik, modal sosial, dan modal ekonomi yang penting. Memang uang tidak segala-galanya, tapi dengan uang bisa melakukan segala-galanya," ucap Faisal, jika survey yang mereka lakukan secara acak dan tersusun.  Urutan hasil Hasil survey Lembaga Survey Demokrasi untuk lima besar terpopuler di kabupaten OKU Timur adalah, Kholid Mawardi (Bupati), Ferry Antoni (Wabup), Benny Defitson (DPRD OKUT), Oyong Damiri (pengusaha), dan Edwar Jaya.  

"Memang ada nama Melinda dan Linosin Hamlah, yang merupakan adik kandung Gubernur Sumsel Herman Deru di 10 besar. Keduanya bisa meningkat popularitasnya, karena mereka keluarga Herman Deru, tinggal bagaimana mereka meningkatkannya apakah pakai teori tadi atau bagaimana," ujarnya.  

Dijelaskan Faisal, Kholid Mawardi wajar paling dikenal oleh warga Kabupaten OKU Timur, karena Ia saat ini menjabat sebagai Bupati OKU Timur. Kegiatan-kegiatan pemerintahan dan aktifitasnya di dunia keagamaan khususnya di kalangan umat NU membuatnya diterima dengan baik oleh semua kalangan.  

"Mirip dengan kepopuleran Kholid Mawardi, Feri Antoni menduduki peringkat kedua Tokoh yang populer di Kabupaten OKUTimur. Politisi muda dengan wajah cukup Rupawan ini, sudah aktif bergerak ke pelosok-pelosok daerah di Kabupaten OKU Timur.

Selain itu, ketua DPRD OKU Timur, Beni Defitson adalah politisi muda yang terkenal santun dan sangat di terima di kalangan masyarakat. Sebagai Ketua DPRD OKU Timur, Beni Defitson bisa aktif bergerak dan melakukan kegiatan-kegiatan politik di seluruh pelosok daerah OKU Timur," bebernya.  

Ditambahkan Faisal, ada hal yang menarik dari survey yang Ia lakukan di OKU Timur. Warga OKU Timur berharap Herman Deru saat ini bisa lebih jauh berkiprah di tingkat provinsi keatas. Mereka berharap putera daerah Sumatera Selatan, bisa duduk minimal sebagai wakil presiden di masa yang akan datang.  

“Selain itu, warga OKU Timur juga berharap kiprah Herman Deru bisa dilanjutkan oleh puterinya yang saat ini terpilih menjadi anggota DPR RI, Percha Leanpuri. Kalau berebut kursi di tingkat Bupati sepertinya tidak lagi. Dengan kepopulerannya Percha bisa dipersiapkan menjadi calon Gubernur di masa yang akan datang,”tambahnya.   

Rizal menyatakan harus diingat, semua ini bisa menjadi bumerang bila Herman Deru tidak berhati-hati dalam melangkah. Karena terlalu banyak keluarganya yang menjadi pejabat di eksekutif dan legislatif, akan membuat masyarakat menjadi jenuh.   

"Kita masih ingat dinasti Ratu Atut di Banten. Atau juga yang paling dekat dengan masyarakat Sumsel, yaitu kekalahan Dodi Alex Reza memperebutkan kursi Gubernur, salah satunya adalah jenuhnya masyarakat dengan dominasi keluarga Alex Noerdin,” pungkasnya.

Penulis : Achmad Fadhil
Editor : Achmad Fadhil

Tag : Pilkada 2020 OKU Timur Sumsel

Komentar