7 Des 2017 12:15 | 39

Pimpinan DPRD Ajukan PAW Ke KPUD

Pimpinan  DPRD Ajukan  PAW Ke KPUD

Henly Gantikan Almarhum Syaiful

Kaganga.com, Muara Enim - Pimpinan DPRD Muara Enim,  mengajukan surat permohonan Pergantian Antar Waktu (PAW),  untuk mengisi kekosongan satu anggota DPRD Muara Enim yang telah meninggal dunia atas nama H Syaiful Iqbal Ashofah SH  dari Fraksi PDI-P beberapa waktu lalu.

Ketua KPUD Muara Enim, Rohani SH, ketika dikonfirmasi membenarkan telah menerima surat permohonan PAW tersebut dari pimpinan dewan. “Suratnya kita terima kemarin.  Surat itu akan segera kita proses untuk ditindak lanjuti,” jelas Rohani dan Komisioner Bidang Tehnisnya, Ahyaudin, Kamis (7/12) di sela sela acara sosialisasi Pemilu Legislatif dan Presiden tahun 2019 di hotel Griya Sintesa Muara Enim.

Menurutnya, pengisian anggota dewan PAW tersebut tetap berdasarkan mekanisme suara terbanyak. Jika berdasarkan mekanisme tersebut, maka calon anggota dewan PAW menggantikan almarhum Syaifil Iqbal Ashofah tersebut adalah Henly dari Partai PDI-P.   “Dia menempati urutan terbanyak berikutnya dari dapil yang sama setelah almarhum H Syaiful Iqbal Ashofah,” jelasnya.

Sementara itu, pada acara sosialisasi tersebut, dari 18 Partai Politik (Parpol) yang mendaftarkan ulang ke KPUD Muara Enim, hanya 11 pengurus Parpol yang mengikuti sosialisasi tersebut. Materi sosialisasi tersebut disampaikan semua komisioner KPUD Muara Enim.

“Tolong hasil sosialisasi hari ini, kiranya dapat disampaikan kepada Ketua Partai Politiknya masing masing, karena saya lihat Cuma ada tiga Ketua Parpol yang hadir, sedangkan yang lainnya diwakilkan semua,” jelas Rohani ketika membuka sosialisasi tersebut.

Menurutnya, sosialisasi yang dilakukan untuk kesiapan menghadapi penyelenggarakan Pemilu Legislatif dan Presiden tahun 2019 mendatang. Karena tahapan Pemilu legislative telah berbarengan dengan tahapan Pilkada serentak. “Kita baru saja melakukan pendaftaran Parpol peserta Pemilu dan berbarengan dengan pendaftaran peserta Pilkada calon peseorangan,” jelasnya.

Dijelaskannya, pada Pemilu Legislatif tahun 2019 mendatang sesuai ketentuan yang baru ada perbedaan dalam penghitungan perolehan suara. Jika sebelum perhitungan suara tersebut beradasarkan BPP, namun yang akan datang menggunakan sistim 135. 

Penulis : LPM IV
Editor : Riki Okta Putra

Tag : Muara Enim KPUD Muara Enim

Komentar