9 Ags 2017 19:20 | 25

Rizal Kennedy : Sosialisasi Pencegahan Karhutla Masih Kurang

Rizal Kennedy : Sosialisasi Pencegahan Karhutla Masih Kurang

Kaganga.com, Palembang - Anggota Komisi V DPRD Sumsel, Rizal Kennedy beranggapan, kebakaran hutan lahan bisa terjadi karena faktor kesengajaan dan tidak disengaja. Kesengajaan yang dimaksud yaitu adanya masyarakat yang membuka lahan dengan cara membakar lahan. Sementara yang tidak disengaja karena cuaca panas yang terlalu tinggi sehingga adanya gesekan yang membuat timbul percikan api sehingga menyebabkan kebakaran lahan.

"BPBD harus bekerjasama dengan stakeholder untuk berikan imbauan kepada masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara membakar," ujar Politisi PPP ini.

Dikatakannya, guna mencegah terjadinya karhutla, dia menyarankan untuk mendirikan posko Karhutla di sejumlah daerah rawan kebakaran.

"Posko itu bisa untuk memantau kebakaran, sehingga kalau terjadi kebakaran bisa langsung turun relokasi. Yang kedu posko itu bisa juga untuk menerima laporan warga jika terjadi kebakaran di daerahnya," imbuhnya.

Rizal menilai, kembali terjadinya karhutla di Sumsel lantaran kurangnya sosialisasi kepada masyarakat terkait larangan membuka lahan dengan cara membakar lahan. Larangan tersebut, lanjut Rizal harus diiringi dengan solusi.

"Misalnya masyarakat diberikan pinjaman alat berat untuk membuka lahan, atau ada bahan kimia yang membuat pembusukan, sehingga tidak lagi membuka lahan dengan cara membakar," pungkasnya.

Penulis : Achmad Fadhil
Editor : Riki Okta Putra

Tag : Karhutlah

Komentar