2 Okt 2019 16:05

Senator Amaliah Siap Perjuangkan Pemekaran Pantai Timur

Senator Amaliah Siap Perjuangkan Pemekaran Pantai Timur

Kaganga.com, Palembang  – Amaliah Sobli SKg telah resmi menjadi Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia (RI). Wanita cantik yang juga Sarjana Kedokteran Gigi ini telah mangambil sumpah jabatan pada acara Sidang Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia, Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia dan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Republik Indonesia, di Ruang Rapat Paripurna I MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (01/10 2019) kemarin. 

Usai pengambilan sumpah atau janji jabatan ini, Amaliah bersama 135 Anggota DPD RI terpilih lainnya resmi dilantik.

Pelantikan senator ini ditandai dengan pembacaan Surat Keputusan Presiden Nomor 98/P Tahun 2019 terkait Peresmian Keanggotaan DPD RI periode 2019-2024 yang dibacakan oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPD RI Reydonnyzar Moenek. 

Istri Ketua DPD KNPI Kota Palembang, H Handri Pratama Putra SE ini langsung tancap gas. Prioritas utama putri mantan Sekda Kabupatan Ogan Ilir, H Sobli ini adalah memperjuangkan pemekaran Kabupatan Pantai Timur.  Ya, dengan begitu aspirasi masyarakat di wilayah Pantai Timur untuk memisahkan diri dari Kabupatan Ogan Komering Ilir (OKI), sepertinya akan segera terwujud. 

Menurut Amaliah pemekaran Pantai Timur bukan hanya keinginan segelintir orang. Namun, impian seluruh masyarakat. Khususnya masyarakat di wilayah pesisir seputaran kabupaten Ogan Kemering Ilir (OKI).  Sebut saja Air Sugihan, Tulung Selapan, Cengal, Sungai Menang dan Pangkalan Lampam. “Setelah pelantikan ini, saya akan memperjuangkan Kabupaten Pantai Timur,” kata ibu muda yang kerab disapa “Nissa Sabyan Sumsel” oleh para netizen ini. 

Sebagaimana diketahui Pantai Timur khususnya kecamatan Air Sugihan, Tulung Selapan, Cengal, Sungai Menang dan Pangkalan Lampam, dari segi infrastruktur masih terbilang ketinggalan. “Wilayah kabupaten OKI terlalu besar dan tidak didukung APBD yang besar. Jadi pembangunan timpang tidak merata,” tambahnya 

Amaliah sendiri merupakan putri asli Ogan Ilir mengaku sangat prihatin. “Dulu kita satu kesatuan dengan OKI. Mohon doanya pada suluruh masyarakata Pantai Timur,” terang keponakan wakil gubernur Sumsel H Mawardi Yahya ini. 

Sebagaimana diketahui di Pantai Timur ada pabrik OKI Pulp and Paper Sinar Mas terbesar di Asia Timur. “Saya berharap Pantai Timur sebagaimana Ogan Ilir yang sedang berkembang setelah pisah dari OKI, saya berharap begitu pula Pantai Timur pada nantinya,” pungkasnya.

Penulis : Ines Alkourni
Editor : Achmad Fadhil

Tag : Parlemen Amaliah DPD RI

Komentar