7 Apr 2021 18:10

10 OPD Paparkan Inovasi Pelayanan Publik

10 OPD Paparkan Inovasi Pelayanan Publik

Kaganga.com,Palembang - Sebanyak 10 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemkot Palembang masuk 10 besar Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik. 

 

Sepuluh OPD ini, yakni Dinas Pendidikan Palembang, Dinas PTSP Kota Palembang, Dinas Pertanian dan KP, RSUD Palembang BARI, Bagian Administrasi Pembangunan Setda Kota Palembang, Kecamatan Kalidoni Palembang, Kecamatan SU II, Puskesmas Satu Ulu dan Puskesmas Kampus.

 

“10 OPD ini terpilih karena berhasil membuat inovasi pelayanan publik, yang sesuai dengan era digital sekarang ini. Sehingga bisa mempercepat pelayanan publik,” kata Sekretaris Daerah Kota Palembang, Ratu Dewa. 

 

Para kepala OPD ini memaparkan hasil inovasinya di depan dewan penilai, yang terdiri dari akademisi, Ketua PWI Sumsel, Ombudsman, Bappeda-Litbang Kota Palembang dan BKPSDM.

 

“Nanti akan diambil tiga besar, dan hadiahnya ada dana insentif,” ujarnya. 

 

Sementara itu, Camat Seberang Ulu Satu Palembang, Rachman Hidayat Pane, mengatakan, Kecamatan SU II memaparkan inovasi dalam tertib administrasi surat-surat yang berkaitan dengan pertanyaan. 

 

Seperti, pengoperan hak, pengakuan hak tanah dengan berbasis pemberdayaan penggunaan IT Sipenhaku. 

 

“Pengarsipannya digitalisasi, sehingga lebih praktis dan tentunya hemat penggunaan kertas. Jadi, kita lebih mudah mencari arsip pertanahan. Ini sudah satu tahun kita jalankan,”terangnya

 

Sementara itu, Kabag Pembangunan Setda Kota Palembang, Korlena, memaparkan mengenai program gotong royong, lingkungan dan anak sungai. 

 

“Kita paparkan manfaat program ini. Di mana sekarang kesadaran masyarakat meningkat, banyak anak sungai yang dulu tertutup sekarang sudah bisa mengalir dll. Selain itu, saat gotong royong kita juga memberikan pelayanan kepada masyarakat,” pungkasnya

Penulis : Ines Alkourni

Tag : Ratu Dewa

Komentar