1 Mei 2020 22:10

Akibat Corona Ratusan Karyawan di Sumsel Terkena PHK

Akibat Corona Ratusan Karyawan di Sumsel Terkena PHK

Kaganga.com, Palembang - Hingga 29 April 2020 sebanyak 7.632 karyawan terdampak Covid-19. 612 karyawan diantaranya adalah karyawan korban PHK dan 7.020 lainnya adalah karyawan yang dirumahkan. Data ini sesuao catatan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sumatera Selatan.

"Data hingga 29 April ada 7.632 karyawan yang melapor ke Dinas Tenaga Kerja, karena perusahaan tempat mereka bekerja terdampak Covid-19. Paling banyak ada di Palembang" ungkap Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sumatera Selatan Khoimudin, Jumat (1/5).

Karyawan yang di PHK kebanyakan berasal dari perusahaan jasa, perhotelan, dan wisata. Sementara ini belum ada laporan perusahaan sektor perkebunan yang melakukan PHK kepada karyawannya.

"Pegawai tambang dan travel juga ada karena perjalanan antar kota antar provinsi banyak gak jalan. 7632 itu yang melapor resmi ke Disnaker Kabupaten/kota maupun Provinsi, kami tak tau kalo ada lebih," ujarnya.

Ia menjelaskan Disnaker mengingatkan perusahaan yang melakukan PHK untuk memberikan hak-hak pesangon kepada karyawan.

"Hak-hak pesangon itu harus dibayarkan, karena mereka sudah bekerja sangat lama. Sampai hari ini kita belum menerima laporan resmi teman-teman yang kena PHK bahwa perusahaannya tidak membayar pesangon. Artinya perusahaan sudah membayar pesangon," jelasnya.

Khoimudin berharap karyawan yang di PHK dapat memanfaatkan program kartu Prakerja sehingga disituasi saat ini mereka bisa menambah skill lain untuk mencari pekerjaan lain setelah menerima sertifikat.

"Program kartu Prakerja ada pelatihan, mereka bisa membuka usaha baru dengan sertifikat," tutupnya.

Penulis : Reza Mardiansyah
Editor : Riki Okta Putra

Tag : PHK Corona virus

Komentar