22 Ags 2019 17:00

AMSI Sumsel Sukses Gelar Raker, Gubernur Apresiasi Tema Berita vs HOAX

AMSI Sumsel Sukses Gelar Raker, Gubernur Apresiasi Tema Berita vs HOAX

Kaganga.com, Palembang - Gubernur Sumsel H Herman Deru  mengapresiasi tema rapat kerja Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Wilayah Sumsel tentang pemberitaan vs HOAX yang dapat mengedukasi masyarakat agar tidak mudah termakan Hoax.  Demikian diungkapkan Gubernur Sumsel H Herman Deru, Kamis (22/08/2019) dihadapan pengurus AMSI Sumsel serta kalangan mahasiswa di Rocca Resto Cafe Jalan Demang Lebar Daun. 

"Harapan saya rapat kerja Amsi dapat memberikan edukasi ke masyarakat baik jurnalis maupun narasumber,"ungkapnya 

Dikatakannya, pemerintah provinsi dan media memiliki visi dan misi yang sama meski berbeda namun tujuannya satu untuk menyampaikan apa yang menjadi program pemerintah untuk disampaikan kepada masyarakat. 

"Artinya jangan memuat berita hoax yang meresahkan,  meski di era keterbukaan kebebasan pers tapi tetap berpegang pada uu pers dan keterbukaan publik,"jelasnya. 

Sementara itu pengurus Dewan Pers dan juga mantan Wartawan Harian Tempo Rustam Mendayun menuturkan, saat ini media siber dan media sosial sudah sangat banyak. 

"Persaingan media pun terjadi, semua ingin cepat menyampaikan informasi dan cenderung ada yang menyebarkan hoax,"singkatnya 

Ia menambahkan, perusahaan pers harus meningkatkan kualitas dan kuantitas SDM nya. Oleh karena itu dewan pers membuat regulasi. 

"Untuk itu dewan pers dalam meningkatkan mutu wartawan dengn melakukan Uji kompetensi wartawan sebagai syarat jangan hanya menjadi wartwan tapi belum kompeten,"singkatnya.

Editor : Achmad Fadhil

Tag : AMSI Sumsel Dewan Pers Rapat Kerja 2019

Komentar