11 Jan 2020 21:50

Bantu Petani Dengan Promosi

Bantu Petani Dengan Promosi

Kaganga.com, Palembang - Pembukaan Festival Buah dan Pertanian Unggulan |||, yang diprakarsai Himpunan Alumni IPB, Sabtu (11/1) pagi di halaman Griya Agung dihadiri Ribuan masyarakat yang memang sudah menantikan moment makan durian sepuasnya hanya dengan membayar Rp50.000 tak menyia-nyiakan kesempatan langsung menyerbu tenda yang sudah disiapkan panitia.

Gelaran festival kali ketiga ini sendiri dibuka langsung oleh Gubernur Sumsel H.Herman Deru. Pembukaan ditandai dengan pemukulan gong dan pemotongan kue durian.

Disampaikan Deru, Sumsel ini kalau untuk Produktivitas penghasil buah - buahanya lumayan banyak, hanya saja tidak petani sumsel belum bisa mempromosi dan menjadi marketing sendiri.

" Sumsel ini Iuar biasa. Tidak ada tanaman yang tidak tumbuh kalau ditanam disini. Cuma itu tadi kita masih kurang promosi. Padahal produktivitas tanpa marketing yang jelas tentu tidak akan maksimal. Makanya ayo para pejabat kita bantu mereka ini. Ini bukan untuk saya tapi untuk petani," tegas Deru.

Deru mencontohkan, seperti duren Ucok dari medan. Duren Ucok itu merupakan nama penjualnya yang berhasil mempromosikan duren asal medan menjadi ternama.

"Kita juga bisa sepeeri itu, seperti di kawasan oasar kuto. Stok durenya gak habis - habis, hanya saja kurang promosi dan endors," terangnya.

Menurut Deru, Duren dari Sumsel bisa bersaing dengan daerah lain, apalagi di Sumsel terkenal olahan makanannya berbahan dasar duren seperti tempoyak dan berbagai jenis olahan lainya.

"Inilah cara kita jika mau membantu petani, bukan hanya membantu memperbanyak produksinya, tapi juga pemasaranya. Kita ubah mainset petani sekarang ini yang berfikir menjadi buruh di lahan pertanian mereka sendiri menjadi petani yang enterpreneur," tukas Deru.

Penulis : Reza Mardiansyah
Editor : Riki Okta Putra

Tag : Pemprov Sumsel

Komentar