8 Okt 2019 17:00

Banyak Emas Ditemukan di Rawa Gambut, Gubernur Lapor ke Kemendikbud 

Banyak Emas Ditemukan di Rawa Gambut, Gubernur Lapor ke Kemendikbud 

Kaganga.com, Palembang - Belakangan ini banyak berita terkait penemuan harta karun di lokasi bekas terbakarnya Hutan dan Lahan (Karhutla) di daerah Cengal Cengal, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan. Warga di daerah itupun berbondong - bondong mencari harta tersebut yang diakui merupakan peninggalan Kerajaan Sriwijaya.  

Penemuan ini juga turut menjadi perhatian pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel). Gubernur Sumsel H Herman Deru mengatakan, jika pihaknya tidak berani meng-Klaim harta karun itu, dirinya pun langsung melapor kan penemuan tersebut kepada Kementrian pendidikan dan Kebudayaan RI.  

"Saya dengar masyarakat sana (Cengal) sudah banyak berburu Harta ini, atas dasar ini saya langsung mengambil langkah melaporkan penemuan ini kepada Kemendikbud," jelas Deru, Selasa (08/10/2019).   

Menurutnya, yang berhak mengklaim hal itu adalah ahli dalam bidang kesejarahan dan kebudayaan, untuk itu pihaknya segera mendiskusikan soal temuan itu terlebih dulu. 

“Kita tak berani mempersepsikan sendiri, membuat asumsi sendiri, masalah itu peninggalan tahun berapa, era kerajaan siapa. Yang pasti itu identitas Sriwijaya,” kata dia. 

Deru juga berharap jika penemuan ini tidak sampai terlempar keluar Sumsel terutama keluar Negeri. Apalagi Indonesia memiliki UUD yang mengatur tentang benda bersejarah.  

"Tentu kita mengacu pada UUD benda sejarah ini, jika sampai di perjual belikan bisa gawat, apalagi diambil oleh orang luar negeri, karena ini peninggalan bersejarah dari daerah kita," tukasnya. 

Penulis : Reza Mardiansyah
Editor : Achmad Fadhil

Tag : Temuan Emas Gubernur Sumsel

Komentar