25 Nov 2019 16:30

Bulog Maksimalkan Pengadaan Beras

Bulog Maksimalkan Pengadaan Beras

Kaganga.com, Palembang - Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Bulog) Sumatra Selatan dan Bangka Belitung mencatat potensi pengadaan beras di wilayahnya masih cukup besar. Masih ada beberapa daerah yang menghasilkan beras, diantaranya Ogan Komering Ulu Timur, Banyuasin, Ogan Komering Ulu, dan Ogan Komering Ilir.

Pimpinan Wilayah Bulog Sumsel Babel, Ali Ahmad Najih Amsari mengatakan, sampai saat ini pihaknya masih terus menyerap beras dari petani yang ada dibeberapa daerah di Sumsel. “Daerah penghasil beras masih cukup banyak, kita optimalkan penyerapannya,” ujar dia, Senin (25/11).

Diketahui, hingga saat ini penyerapan beras oleh Bulog Sumsel Babel tercatat sudah mencapai 49 ribu ton dari targetnya 70 ribu ton. Meski masih cukup jauh, namun penyerapan yang masih dilakukan hingga akhir tahun diyakini dapat menutup target yang dibebankan.

“Insya Allah kami yakin target bisa tercapai. Masih ada dua bulan untuk serap beras petani,” kata dia.

Ali mengatakan, pihaknya saat ini memang sedang fokus dalam membeli beras petani dengan harga diatas HPP. Hal itu dikarenakan, pihaknya membeli beras untuk kepentingan komersial.

“Kita lakukan pengadaan beras untuk premium, kita beli lebih tinggi dari HPP. Kita pun jual dengan harga beras premium. Dominasi beras ini masih didapatkan dari Banyuasin, OKU, OKUT dan OKI,” ujarnya.

Bulog Sumsel Babel memastikan stok beras untuk wilayahnya mencukupi hingga 10 bulan kedepan dengan stok saat ini ada sekitar 50 ribu ton beras. “Kita terus lakukan operasi pasar, dan penyaluran BNPT. Sehingga stok yang ada dimanfaatkan untuk masyarakat. Bahkan beras untuk ASN di lingkungan Pemprov Sumsel juga terus digencarkan,” tandasnya.

Penulis : Reza Mardiansyah
Editor : Riki Okta Putra

Tag : Bulog Sumsel

Komentar