29 Jan 2016 19:30

DApat Predikat D, 4L dan OKU Jadi Sorotan

DApat Predikat D, 4L dan OKU Jadi Sorotan

Kaganga.com, Palembang - Kabupaten Empat Lawang (4L) dan Ogan Komering Ulu (OKU) kini menjadi sorotan. Pasalnya, berdasarkan hasil penilaian Analisa Beban Kerja (ABK) dari Kementrian Pendayagunaan Apatur Sipil-Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) kedua daerah tersebut mendapatkan predikat kinerja D.

"Sebenarnya bukan predikat D, namun nilai kedua daerah hampir mendekati nilai D, karena itu kami mendorong agar mampu memperbaiki kinerja PNS di kedua daerah tersebut," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Sumsel, Mukti Sulaiman, Kamis (28/1/2016).

Dijelaskannya, didapatkannya predikat tersebut dikarenakan sistem laporan, monitoring, evaluasi dan pengawasannya kurang. Karena itu, pihaknya meminta agar PNS dikedua daerah tersebut dibina.

"Seharusnya, untuk meningkatkan ABK tersebut setiap PNS menulis apa saja yang menjadi tugas baik dari PNS tertinggi maupun staff biasa," ujarnya.

Dirinya juga menambahkan, untuk Sumsel sendiri berhasil mendapatkan predikat B dibawah Surabaya yang berhasil mendapatkan predikat A. Menurutnya, hal tersebut dikarenakan budaya kerja yang belum sigap.

"Seperti contoh, jika di perusahaan swasta, pegawai harus sigap baik dari jalannya maupun penyelesaian tugas, sehingga jika kewajiban, hak, dan tugas jelas maka tentunya pegawai itu akan naik juga. Sedangkan kalo budaya kita terkadang masih seperti bebek. Karena itu, kami akan membudayakan sikap sigap tersebut," terangnya.

Untuk predikat B di Sumsel sendiri, lanjut Mukti, berhasil diraih 3 daerah yakni, Kabupaten Muara Enim, Kabupaten Musirawas, dan Kota Palembang.

"Kami berharap kedepannya kinerja semua daerah dan Sumsel sendiri mampu meningkat," harapnya.

Sementara itu, Asisten IV Bidang Administrasi dan Umum Prov. Sumsel Joko Imam Santoso, mengakui bahwa memang ada daerah yang masih mendapatkan predikat D dari evaluasi yang dilakukan oleh KemenPAN-RB.

"Ya, memang ada beberapa predikat D untuk kinerja kabupaten di Sumsel," akunya.

Karena itu, lanjut Djoko, pihaknya akan mereview setiap kinerja baik kabupaten/kota maupun SKPD di Pemprov Sumsel agar lebih meningkatkan kembali kinerja mereka.

"Kami akan lakukan rapat untuk menindaklanjuti serta merencanakan untuk pembinaan dan beberapa point lainnya," terangnya.
Djoko menambahkan, meskipun masih ada daerah di Sumsel yang mendapatkan predikat D, namun ada peningkatan untuk kinerja dibeberapa daerah seperti Kabupaten Muara Enim, Kabupaten Musirawas, dan Kota Palembang.

"Ditahun lalu hanya ada satu daerah di Sumsel yang hanya mendapatkan predikat kinerja B, sedangkan tahun ini kita ada 3 daerah, jelas ini peningkatan. Kami berharap kedepan predikat kinerja B lebih banyak lagi di Sumsel," tandasnya.

Editor : Riki Okta Putra

Tag : Kinerja kab/kota OKU L4L

Komentar