10 Jan 2020 20:30

Deru "Dana Desa Boleh di Gunakan Untuk Bencana"

Deru

Kaganga.com, Palembang - Pemerintah Provinsi Sumsel mengizinkan jika Dana Desa bisa di gunakan untuk bencana Alam, hal itu dikatakan Gubernur Provinsi Sumsel Herman Deru. Kata Deru, dana desa bisa digunakan untuk bencana alam asalkan sudah di anggarkan terlebih dahulu.

"Dana Desa itu bisa di gunakan untuk bencana alam, tapi harus akuntable, gak bisa abstrak atau asal pakai aja. Harus di anggarka terlebih dahulu agar dananya bisa di pakai untuk benca alam," terang Deru, Sabtu (11/1).

Lanjut Deru, pihaknya telah mendapat intruksi dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) yang memperbolehkan anggaran khusus digunakan untuk mengatasi bencana.

"Jika Kabupaten/Kota membutuhkan bantuan maka dalam penanggulangan bencana maka akan kita bantu melalui anggaran yang tidak terbatas itu," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Yusnin menerangkan jika aturan menggunakan dana desa untuk bencana telah tertuang dalam Permendes nomor 11 tahun 2019 tentang prioritas penggunaan dana desa tahun 2020.

"Dana desa itu boleh digunakan untuk bencana tetapi harus dianggarakan terlebih dulu seperti apa rinciannya. Jika tidak dianggarkan dari awal, dana desa tidak bisa digunakan untuk bencana," terang Yusnin.

Menurutnya, seperti di tahun 2019 lalu dana desa di Sumsel telah digunakan untuk menangani Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) seperti membeli alat untuk memadamkan api.

"Biasanya dana desa untuk di Sumsel belum pernah dianggarkan untuk bencana. Jika dana desa sudah dianggarkan dari awal tetapi desa itu tidak terkena bencana ya pasti mereka tidak bisa mencairkan uangnya sehingga sampai sekarang belum ada desa yang menggunakannya untuk bencana," Tutupnya.

Penulis : Reza Mardiansyah
Editor : Riki Okta Putra

Tag : Dana Desa Bencana

Komentar